Belajar Kamuflase Biar Gak Bosan

Beberapa ilustrasi yang gue buat dari cat air  ( Foto: Rike)



Hahaha... Orang selalu bertanya tanya kenapa gue punya passion yang berlebihan. Kenapa gak nurutin satu passion sampe sukses. Tapi ya tiap masing masing orang kan punya bakat, minat dan skill masing-masing dan yeah.. gue suka dengan diri gue yang penuh warna warni. Ga masalah dibilang kemaruk gapapa yang penting buat gue, belajar. Karena semakin banyak gue belajar sesuatu toh akhirnya gue paham, bahwa semua ilmu semua printilan hidup itu..selalu mengarah kepada.. semua ilmu yang ada di dunia itu adalah pemberian Yang Maha Kuasa. Jadi boleh dong punya banyak passion? HOOH kan.

Ok. Gue lagi tertarik sama desain, ilustrasi dan photography belakangan. Sebelumnya emang gue pernah jadi photographer ( kafiran-red) di salah satu majalah kampus bermodal kamera dslr punya bokap dan kakak perempuan gue kalau gak salah itu kamera  namanya kamera Pentax ( ada dua yang satu kamera pentax model jadul dan satunya lagi agak baruan cuman kalau dimasa sekarang keduanya masuk ke kamera jadul secara keduanya merupakan kamera analog bukan kamera digital). Tapi inilah yang menjadi awal gue akhirnya bisa ketemu sama banyak orang, banyak teman, belajar photography ( walau cuman basic), sampai gue juga malah terperosok ke dunia tulis menulis hahaha... aneh kan. Tapi gapapa emang begitu kadang Tuhan mempetemukan kita dengan hal-hal yang ternyata bisa mengembangkan diri kita dikemudian hari.

Nah, beberapa waktu lalu gue sempat iseng buka buka youtube dan menemukan youtubenya  Mas Dinnu salah satu photographer Indonesia yang bekerja untuk Kementerian Hukum dan Ham RI. Dari youtube beliau inilah gue mulai mengasah kembali skill photography gue ( Hallo hallo Mas Dinnu Terima kasih ya). Lama sebelumnya emang gue pernah dengar tentang stock photography, sebelum gue ketemu youtube Mas Dinnu. Cuman ya kayak gue cuekin, karena ga ngerti gimana cara mainnya. Baru kemudian gue ngeh dan mulai mempelajari stock photography dengan lebih telaten. Gue terus belajar dan sekarang gue udah punya alhamdulillah koleksi sampai ribuan di Shutterstock gue. Walau belum banyak terjual tapi paling gak gue udah mulai menjual stock photo..yeah better late than never kan ya.

Selain photography gue juga belajar disain dan ilustrasi. Kalau ilustrasi dan disain gue belajar gara gara pas di Bali gue nemu bukunya Dinda Puspitasari di toko buku Gramedia di mall sekitar Teuku Umar. Apa ya nama mallnya? Lupa hahaha... Pokoknya disain Dinda ini so cute dan gue suka. Nah dari sana gue belajar lagi disain dan ilustrasi. Secara Bali tuh kan gudangnya Ilmu Seni dan Seniman/Seniwati, selain itu juga gue tinggal dekat dengan Institut Seni Indonesia  (ISI) Bali yang mana anak satu kos gue rata-rata anak ISI sehingga bawaan gue ya nyerempet-nyerempet sama ilmu seni deh. Makasi ya Guys. Dan di Bali, art is everywhere. Jadi apa yang mata loe lihat ya semuanya seni haha.. itu sih yang terjadi sama gue.

Dan gue pun belajar disain kamuflase. Apaan itu kamuflase? Kamuflase dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai penyamaran. Ilmu kamuflase sebenernya sudah dimiliki alam ciptaan Allah SWT ini sejak jaman dahulu kala. Tapi dalam disain kamuflase bisa deh kita lihat ke baju-baju militer yang dipakai para tentara atau aparat keamanan di seluruh belahan dunia, tujuannya ya itu supaya ga dikenali sama musuh di berbagai medan tempur. Hoalahh... tapi gue pribadi paling suka memperhatikan pola di pohon khususnya pohon jambu kelutuk yang mana tone warnanya itu agak kecoklatan muda berpadu sama abu-abu dikit dan coklat susu atau coklat kopi susu.

Ada cerita juga nih. Jadi waktu ada disain wallpaper di salah satu grup FB milik orang luar. Gue sempat nyebut gue suka disain kamuflase di wallpaper milik salah seorang ibu bule itu, eh tiba tiba gue di kasih emoticon marah dan salah satu ibu bule lain sampai bertanya tanya (kasih tanda??? sampai 3 kali) karena gue suka disain wallpaper itu. Lah emang mata gue udah jerenk apa? gue tanya balik si ibu bule itu. Dan gue bilang. Itu wallpaper warnanya hijau military dan saya suka warna itu dipadu dengan warna laen yang mengingatkan gue sama disain kamuflase. Baru dah tuh mak-mak bule rempong mingkem. Lah yang punya wallpaper aja diem aja ini netizen yang budiman bule juga bisa bacot ya sebelum mengetahui kalimat gue hahaha.. kirian netizen yang budiman di Indonesia doang yang bacot..bule juga bisa bacot di dunia maya ya... so funny.

Ok, kembali ke disain kamuflase. Secara gue lagi diet jadi gue harus berhati hati sama makanan. Pengen makan kue pun harus mikir ribuan kali buat makan. Dan jadi..kepikiran bikin camouflage dengan tema ada makanannya. Pertama gue bikin itu adalah Camouflage Chocolate chip Cookie Diet yang mana inspirasinya gue dapat dari pattern/pola disain baju tentara Amerika tahun 90'an di masa perang teluk (yang yeah sekarang udah ga trend tapi kayak lucu gitu. Secara sekarang mah yang ngetrend buat disain camouflage itu model pixelate design. Ohya di Indonesia para tentaranya juga udah pakai sih beberapa gue suka liat di Internet dan lewat pandangan mata langsung kepada disain baju ini baik kepada personil tentara TNI kita atau merhatiin toko baju tentara di sekitar Cilandak dekat rumah gue).


Ini kira kira ilustrasi camofulage chocolate chip cookie
diet yang gue buat dan gue promo di IG gue ( Foto: Rike)



Pola ini kemudian gue kombinasi sama beneran kue chocolate chip terus jadi deh beberapa disain. Cuman hanya dua ini yang lolos seleksi oleh reviewernya Shutterstock. Sisanya masuk ke tong sampah ( hiks sedih ya). Tapi gapapa gue bakal terus eksplor camouflage desain ini karena emang lucu. 

Berikutnya disain camouflage yang gue buat adalah Camouflage Hamburger pattern. Dimana terinspirasi oleh keinginan gue makan hamburger tapi...yah kita nyamar aja dah..makan yang laen supaya diet gue berhasil hahaha... Ohya jadi ilustrasi camouflage aka kamuflase gue ini gue buat agak manual pakai cat air jadi ya agak mbeleber gitu deh. Terus hasilnya gue scan langsung trus di retouch dikit pakai photoshape dengan cara sederhana. Namanya juga agak manual ya hand made lah bukan pakai adobe ilustrator, photoshop atau corel draw. 

Ya uwis gitu aja dulu ya. Ntar kita omong-omong lagi soal desain camouflage ini. Kalau mo beli, check portofolio atau liat desain camouflage gue silahkan monggo mampir kemari ya: https://www.shutterstock.com/g/Roirike+Mardiana+Bewinda 



Terima kasih.


NB:
1) Lagi nganggur? atau mau dapat uang tambahan? Punya skill seni, photography dan disain? Kalau mau ikutan gabung di shutterstock untuk nabung pundi-pundi dollars bareng-bareng boleh kok. Kalau mau gabung bisa ikut lewat sini.

2) Kalau mau belanja langsung di warung shutterstockku bisa mampir langsung kesini. Silahkan.



Comments