Pintu di Bali

Pintu di Museum Bali,
Denpasar - Bali ( Foto: Rike)


Ini bukan lagi ngomongin pintu menuju dimensi lain alam lain ya yang supra-supranatural gitu. Ini beneran ngomongin pintu yang ada di pulau Bali. Bukan juga ngomongin pintu ajaib-nya doraemon apalagi pintu menuju neraka bukaaannn!!! belum sanggup juga ke neraka tapi pintu ke surga juga belum nyampe jadi kita obrolin pintu di rumah orang aja ya

Jadi selama di Bali, gue itu sering lihat-lihat arsitektur bangunan rumah. Baik ketika berada di Denpasar, Sanur dan tempat lainnya. Bukannya pengen punya rumah kayak di Bali sih ( soalnya tanah di Bali kan mahal dan itungannya itu are bukan meter persegi...halah sepengki aja modal gue gak cukup kali ya hehehe) tapi gue pribadi lebih pengen punya daun pintu kayak di pintu depan rumah-rumah di Bali itu. Yang rata-rata sih terbuat dari kayu dengan ukiran-ukiran entah bunga atau burung atau dedaunan atau lainnya lah, yang lucu itu menurut gue sih kombinasi warnanya yang sangat ciamik.

Pintu di Museum Bali,
Denpasar - Bali
( Foto: Rike)

Pintu di Museum Bali,
Denpasar - Bali
 ( Foto: Rike)

Ukiran pada pintu di Museum Bali,
Denpasar - Bali
( Foto: Rike)

Ukiran pada pintu di Museum Bali,
Denpasar - Bali 
( Foto: Rike)


Ada yang membiarkan daun pintu rumahnya berwarna polos mirip warna kayu aslinya, ada yang dicat warna genjreng tapi ada juga yang .. aduh bikin gue tuh kepengen membawa pulang itu pintu rumah orang. Hahaha... Gak penting sih isi rumah orang itu apa, yang penting itu pintunya. Tapi kan ntar kalau ketemu pecalang atau pak polisi, kan bahaya! Ntar ditanya di polsek soal barang buktinya, gue jawab gue ambil pintu rumah orang karena cantik kan bisa uwow ualala kayak kata mba mimi peri ya.

Candi bentar depan
Museum Le Mayeur Bali
( Foto: Rike)

Nah ini pintu rumah
 siapa gak tahu
( Foto: Rike)

Pintu di Pirate Bay
 ( Foto: Rike)

Nah, ini simpel kan pintunya
( Foto: Rike)


Jadi agar gue gak punya keinginan mengondol pintu rumah orang. Maka setiap jalan entah ke pantai atau kemana aja dah di Bali, kalau gue sempat turun dan nengokin pintu rumah orang, gue selalu usahain untuk memotret daun pintu rumah orang yang cantik-cantik itu. Semoga yang punya rumah berkenan ya.. soalnya gue gak izin sama yang punya rumah, tapi jujur aja gue suka sama daun pintu rumah mereka. Entah karena kombinasi warnanya atau ukirannya yang cantik.

Pintu cakep di Bali
( Foto: Rike)

Pintu cakep di Bali
 ( Foto: Rike)

Kayak ada rendanya diatas
 ( Foto: Rike)

Pintu cakep di Bali
( Foto: Rike)

Agak masuk pintunya
( Foto: Rike)

Pintu cakep di Bali
( Foto: Rike)


Jadi sodara-sodara nikmatilah, gambar-gambar daun pintu yang gue temukan di Bali ini. Kali-kali bisa jadi inspirasi daun pintu di rumah masing-masing atau lebih jauh malah bisa mungkin bisa jadi inspirasi kita dalam berkreasi di media lain seperti, baju, kain, kanvas, tas dan media lainnya. Selamat melihat-lihat ya. Gak banyak sih tapi...ini lucu-lucu banget daun pintunya. Semoga suka ya.



#pintu #kayu #ukiran #seni #bali #indonesia
#arsitektur #architecture #door #wood #art

Comments

  1. emang keren keren sih kalo di bali, setiap rumah ciri khas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas alpian lucu lucu ini pintunya makanya saya bahas hehe

      Delete
  2. Pintu cakep-cakep. Ukirannya halus. Pasti dibikin dengan sepenuh jiwa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Utari. Aku sampai kesengsem sama pintunya wkwkkwkw

      Delete

Post a Comment