Yang Ngehits Asinan Rambutan Pakai Jeruk Kunci

Asinan ramburan pakai jeruk kunci ( Foto: Rike)



Waduh kemarin gara-gara keseringan ngeliatin instagram orang dan facebook temen yang isinya gambar asinan dan rujak. Maka beberapa hari lalu, gue memutuskan untuk membuat asinan yang lagi ngehits belakangan ini. Juga biar dibilang up to date gitu sama temen-temen hahaha.. mulai deh riya-nya.

Gue denger asinan ini awalnya berasal dari sekitar pulau kalimantan. Banjarmasin kalau gak salah. Cuman bahannya si asinan ini, jeruk Sonkit aka jeruk kunci aka jeruk sambal Kalimantan aka jeruk kasturi aka Lemon Cui aka jeruk Ponti ( kependekan Pontianak) yang ukurannya sangat imut-imut ini udah pernah gue temuin beberapa tahun lalu di Kalimantan Barat ketika turun lapangan meneliti di Kapuas Hulu.


Jeruk Ponti, pertama ketemu
di Kapuas Hulu, Kalbar
( Foto: Rike)


Gue awalnya rada bingung. Ngapa ini orang Kalimantan Barat kalau bikin es jeruk selalu jeruknya imut-imut banget. Secara kan gue tahu, yang namanya Kalimantan Barat apalagi Pontianak, itu punya jeruk spesial yang rasanya enak bin seger. Apalagi kalau bukan jeruk Pontianak. Cuman kenapa setiap mesen es jeruk di Kapuas Hulu, di rumah makan deket jembatan atau di foodcourt deket tugu lapangan bola, tempat gue dan temen-temen peneliti pada makan itu, selalu dikasihnya es jeruk dengan jeruk seukuran sama jeruk limo yang sering gue pakai buat somay di Jakarta.

Tapi jeruk kecil ini, yang punya nama lain Calamondin dan masih sodara sesemamak dan sesebapakan sama jeruk Calamansi, (ini anak kalimatnya banyak banget sih RIKE! Hentikan terlalu banyak anak kalimat RIKE! Bikin boros huruf aja. DIJAWAB RIKE: YEEE.. bolehnye sirik) ini punya rasa dan wangi yang berbeda dengan jeruk limo. Jeruk limo menurut gue lebih mirip sama jeruk purut baunya. Sementara jeruk kecil ini lebih mirip sama bau jeruk yang ukurannya sedeng (kayak jeruk Pontianak atau jeruk Medan gitulah), asem tapi agak manis ( gak kayak jeruk nipis juga yang kecut) dan wanginya sangat amat segar. Pengen di teguk terus tiap minum es jeruknya. Hmm...slurppp..


Yang depan limo,
 yang belakang kunci
( Foto: Rike)


Juga tapi, kata temen gue yang pernah penelitian ke Sulawesi Utara (bukan neliti tentang jeruk sih cuman dia ada proyek penelitian aja ke sana) katanya dia juga pernah nemuin di beberapa rumah makan mengunakan jeruk kecil ini. Dan baca-baca di internet, jeruk Calamondin ini banyak digunakan di kawasan negara Philipina, denger-denger Calamondin ini merupakan jenis hybrida dari jeruk Calamansi. Dan banyak terdapat atau tersebar di China bagian selatan. Sehingga ada beberapa kuliner di beberapa kawasan yang menjadi daerah persebaran jeruk ini yang mengunakan jeruk Calamondin di dalam penyajian atau masakannya. Gue denger juga di Bangka Belitung, jeruk ini suka buat dijadiin sambal untuk cocolannya hidangan makanan laut, kayak cumi-cumi bakar, ikan bakar dan segala bakar-bakaran. Tapi amit amit ya kebakar. Apalagi terbakar api cemburu. Gakkkk mauuuuuuu...

Nah, salah satunya kalau di Indonesia mungkin es jeruk itu dan yang belakangan jadi femes pamornya lagi naik juga adalah...ASINAN RAMBUTAN PAKAI JERUK KUNCIII!!!! Iyes, yang itu tuh yang caem banget kalau tampil di Instagram atau Facebook. Sumpah ini satu bikin mata melotot terus gak bisa berkedip sejak pertama ku melihatnya..eeaaa rasa jatuh cinta pada pandangan pertama pada asinan rambutan. Mana cabenya pada diirisin kecil kecil pokoknya sooo kiyuttttt gorjjesss bangettt tampilannya.Ohiya, gue juga nanam jeruk ini di rumah jadi, kedua jeruk kunci dalam foto diatas merukan foto dari jeruk hasil kebun sendiri. Hehehe... seru bisa panen di rumah.

Persiapan sebelum
 jadi asinan
( Foto: Rike)


Nah ini dia resepnya. Semoga mau mencoba ya.

ASINAN RAMBUTAN PAKAI JERUK KUNCI ala RIKE BEWINDA

Seikat rambutan ( bisa yang rapiah, cipelat atau bisa yang lain kan bulan ini masih musimnya)
8-10 buah Cabe keriting
3-4 buah jeruk kunci
1  buah bengkoang
1 buah ketimun
½ buah nanas madu
3-6 sendok makan Gula pasir
1 sdm makan garam
Air secukupnya

Cara membuat:

1)      Kupas buah rambutan dari bijinya, pastikan buahnya masih dalam keadaan bagus maksudnya gak benyek dan terlalu berair, jadi pilih yang bagus ya. Kemudian rendam di dalam air suam-suam kuku matang.
2)      Potong bengkoang dalam bentuk dadu dan ketimun dalam bentuk segitiga, ohya nanas-nya juga dipotong segitiga, kemudian semuanya direndam dalam mangkuk bersama rambutan,
3)      Masukan gula dan garam, aduk.
4)      Iris cabe keriting menjadi kecil-kecil ukurannya, kemudian tabur diatas mangkuk lalu aduk semuanya. Rasakan asinan, kalau kuahnya keasinan bisa tambah gula kalau gula kebanyakan bisa tambah garam. Pokoknya sekebutuhan sukanya kita aja.
5)      Jeruk diiris jadi 3 bagian, kemudian peras diatas mangkuk. Peras secukupnya dan sesuai tingkat keasaman yang disukai. Karena jeruk kunci menjadi penganti cukanya.
6)      Selamat Menikmati. MAKANNNNNN...





Sumber:




NB: Kalau suka lebih manis bisa ditambah gula lebih banyak, tapi kalau suka lebih asin bisa ditambah garamnya.



#asinan #asinanrambutan #rambutan #asinanbuah #indonesia #jerukkunci #jeruksonkit #jeruksambal #jeruksambalkalimantan #calamondin

Comments

  1. Waaah langsung kebayang segernya rasa asinannya ...
    Langsung bikin pengin bikin asinan ditambahi perasan jeruk kunci nih, kak.

    Selama ini aku ngertinya jeruk kunci itu cocoknya cuma buat nambah rasa hidangan siomay.
    Ternyata buat asinan bisa juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas him ini enak banget buat disajiin sama asinan. kapan kapan kalau ada waktu coba deh bikin hihihi...:) atau beli jadi aja supaya ga repot ke tokopedia gitu:D

      Delete
  2. Wah jadi penasaran kaya gimana rasanya :D
    saya suka banget rambutan ( dulu ) bahkan sampe yang ijo ijopun saya lahap.. sekarang mah engga tau kenapa malah jadi ngga begitu suka..
    mungkin kalau udah diolah kaya gitu why not yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya inget aku juga waktu kecil suka makanin rambutan tetangga yang ijo-ijo hihihi.. tapi emang kadang ada yang rasa rambutanya tuh manisnya keterlaluan. makanya aku akalin disini supaya rasanya gak melulu terlalu manis, jenis rambutannya juga pilih sih kalau lagi gak pengen terlalu manis hghghghgh...selamat mencoba ya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan