Salad Ayam Mangga Indramayu

Salad Ayam Mangga Indramayu ( Foto: Rike)



Jadi beberapa malam lalu, yah sekitar malam minggu. Pas gue lagi gak enak makan kena radang tenggorok. Gue tiba-tiba aja kepengen makan salad ayam yang pernah gue makan di Puslatpur Karang Tekok, Situbondo. Ini ada kisah dibalik salad ayam itu.

Jadi kita makan itu salad ayam keju bareng pimpinan kita di lapangan Bapak Sgt.Moore, Mr. Sponge Bob beserta kembarannya Mr.Patrick (gue lupa nama aslinya dah sponge bob & patrick, tapi kita panggilnya sponge bob & patrick karena ya mereka kemana-mana selalu berduaan, yang satu orang Philipine lahir di US dan yang satu Afro America, bestie coworkie together forever, seinget gue kerjaanya keduanya ngurusin dan mempersiapkan segala alat peledak gitu dah) dan kita mamam bareng temen-temen genk translator juga. Kita kan suka nongkrong bareng tuh di bawah pohon mangga harum manis depan pos yak. Ademmm bener dah disitu.

Kita mamam salad ayam keju  itu rame-rame dibagian belakang gedung pos komando komunikasi Garuda Shield 2014. Ide kejutan ini yang buat Mbak Dani, Mbak Nella dan Mbak Ade Grace, yang pengen kasih kejutan makan malam di lapangan buat kita-kita semua para anggota genk bawah pohon mangga. Karena kan kita bakal udahan dari kegiatannya ituh dalam beberapa hari lagi. Jadi kita para translator inisiatip bikin makan malam bareng berkesan, murah meriah, ala-ala orang lapangan gitulah.

Jadi sebelum hari H tuh, inget banget. Gue kan paling hobby banget ke pasar Asem Bagus. Setiap dapat jatah libur pasti gue ditemukan sedang ngider itu pasar. Padahal mah gak beli apa-apa cuman keliling tok. Tapi ya pulang tetep bawa keresekan apa gitu cemilan ala Asem Bagus lah ya. Dan hari itu minta ikutlah mbak Dani bareng gue ke pasar Asem Bagus. Kita berdua belanja segala barang-barang dari ayam potong sampai kentang dan telor dan mbohlah apalagi itu yang dibeli mbak Dani. Pokoknya, nyampe ke wisma Marinir, tempat kita nginep di Asem Bagus itu, kita yang naik becak sampai susah turun karena belanjaannya buat salad ayam warbiasa buanyak. Tapi gak lupa gue beli jajan brondong beras kedoyanan gue dipasar Asem Bagus hahahah...

Di dapur wisma Keris Samudera, semua bahan langsung di eksekusi. Ayam direbus bareng kentang yang udah dipotong dadu. Ngerebusnya minjem panci sama Pak Marinir yang jaga wisma. Tapi karena panci cuman muat sedikit, jadi pancinya rice cooker pun turut diperdayakan. Habis itu kita minjem pengorengan juga buat masak telor rebusnya. Eh pas lagi enak enak masak di dapur, si Mbak Nella dan Mbak Dani harus tugas. Mau gak mau tinggal gue dan Mbak Ade yang terpaksa dengan segenap tenaga berusaha memasak dan membuat salad ayam keju ini ala-ala, lewat instruksi wa messenger dari Mbak Dani, chef kepala kita LOL.

Ayam ready, telor ready, kentang ready trus masukin mayonaise dan kuning telurnya aduk aduk gitu trus masukin kulkas. Biarin dingin sebentar. Terus sesuai petunjuk instruksi kepala bagian per-salad-an, Mbak Dani The Great, jadi Pak Marinir yang jaga wisma juga dapat jatah salad ayam keju juga yah walau seuprit ya tapi kami kan judule niat baik yak hehe. Karena boo.. diesye-diesye udah pada baik minjemin panci ama pengorengan ama panci rice cooker ama kita-kita jadi hehe..bapak-bapak itu juga layak mendapat yang sama-sama kita makan ya.

Dan karena kedua temen kita masih tugas di Puslatpur, gue kira kita bakal makan makan di wisma eh kagak taunya. Kita terpaksa harus mamam di Pustlapur. Karena kaum bapak-bapak undangan makan genk bawah pohon mangga gak bisa keluar lapangan, jadi kita yang kudu bawa-bawa panci isi salad ke puslatpur. Orang mah yak bawa peralatan tempur ke Pusat latihan tempur, kita mah yah bawa-bawa panci isi salad ayam keju ke pusat latihan tempur..Upss.. Soryyyy

Nah, ini cerita paling gressnya. Jadi pas bawa 2 panci isi salad ayam ini awalnya gue dan mbak grace nyetop becak. Perasaan mah deket gitu. Kayaknya kalau naek motor atau numpak bus gak jauh dah. Tapi ternyata salahhhhh sodara sodara. Lokasi pustlatpur ama lokasi wisma kalau naek becak itu berasa jadi jauuuuhhhhh bangetttt  masih 3x tanjakan, 3x pengkolan, 3x hari, 3x malam kalau jalan kaki mah kagak nyampe nyampe dah kalau gue...ternyata tuh sampe kesian itu bapak tukang becak napasnya setengah setengah ngedorong kita berdua, bawa gue yang gendut 90an kg, bawa mbak ade grace 60an kilo yah dan panci-panci kami, dan tiba-tiba becaknya bannya kempes ditengah perjalanan. Adooooh amsyong. Mana malem kagak ada ojek. Parahhhh parah parah..

Si Mbak ade pun bilang,” tuh kan Ke’ mending kita nunggu mobil jemputan elu sih nekad pengen bawa panci ke pustlapur pake becak. Itu tuh jauh. Udah gue bilang”. Iya sih dia udah bilang dan gue ngotot karena harga murah. Dan diesye kan gak mau naik angkot. Padahal naek angkot enak. Mungkin takut ya kalau tiba-tiba bukannya nyampe Karang Tekok kami nyasar  malah ke Bali  wkwkwkwkw... kan nyebrang dikit dari Banyuwangi.

Di somewhere only we don’t know itu, kita berdua menumpang duduk di warung pinggir jalan yang masih ada lampunya. Diantara kehopelessan gue, tiba-tiba ternyata mobil jemputan ada yang mau membawa kita ke pustlapur. Eh, ini gara-gara mbak ade juga sih nelpon mbak dani minta salah satu driver bantuin jemput kita. Alhamdulillah, banget soale itu panci beratttt...walaupun bapak driver itu walau waktunya dia lagi off yahhh dengan sedikit dengerin dia complaint sih hihihi akhirnya tetap mau berbaik hati mengantar kita bawa panci booo...

Nyampe di Pustlatpur, setelah Mbak Dani dan Mbak Nella bebas tugas. Kita pun mampir ke bawah pohon dan akhirnya kita makan malam bareng di belakang pos komando komunikasi itu. It was the best salad i’ve ever taste in my life. Dingin sih tapi ...wuuuuu kejuuu gurih ketemu ayam ama telor bikin enak dan gak enek kok ya aneh. Pokoknya gurih gurih sedap lah. Ada yang ikutan nimbrung makan  juga nambah pula hahaha.. Alhamdulillah kita balikin panci-panci itu ke Pak Marinir udah bersih lagi hehehe...

Diplomasi salad ayam keju nampaknya bekerja dengan baik wkwkwk. Beberapa hari kemudian setelah hari salad ayam keju itu, gantian dari teman-teman Amerika kami yang menjamu makan malam buat kita-kita di wisma Marinir. Mereka pesan makanan di sebuah resto sekitar Karang Tekok dan kita makan malam bareng. Makasi ya teman-teman, makasi bapak-bapak semua.. semoga Allah swt ganti kebaikan kalian semua.

Nah, jadi kemarin malam gue ber-wa-an lah ama Mbak Dani, sang chef. Hallo Mbak Dani. Gue pun nanya resepnya. Tapi pas di rumah ketika bahan-bahan salad ayam keju udah ada eh gue lupa beli mayonaise yang disarankan mbak Dani. Dan di rumah adanya Thousand Island.

Trus ada mangga Indramayu yang udah agak matang, plus ada seledri di kulkas, jadi resep yang diberikan mbak Dani pun agak sedikit berubah gue kreasiin dan gue lupa beli keju juga soalnya. Jadinya yah Salad Ayam Mangga Indramayu. Agaknya ini lebih ke taste kesukaan gue, agak manis asem dikit trus ada gurih-gurihnya juga.

Nah ini 2resep yang berbeda, bahan dan cara buatnya ya semoga suka:

Resep Asli Salad Ayam Keju ala Mbak Dani Translator Garuda Shield 2014

Bahan:
Ayam boneless potong dadu
Kentang potong dadu
Telur secukupnya rebus pisahkan kuning dan putih, putih potong dadu dan kuningnya dihancurkan
Bahan sayur lain seperti kacang polong, jagung rebus dan wortel di rebus kemudian dipipil/dipotong dadu buat variasi
Bawang bombay potong dadu
Keju chedar parut
Mayonaise original
Minyak zaitun/minyak sayur 1-2 sendok teh
Garam dan lada secukupnya
Cara Membuat:
1.       Ayam dan kentang direbus bareng, telur direbus di panci berbeda.
2.       Setelah ayam matang dan kentang matang tiriskan sisakan kaldu sedikit.
3.       Potong potong putih telur seperti dadu, sisa kuningnya dihancurkan untuk bahan saus
4.       Bahan saus: mayonaise,  minyak zaitun, telur kuning hancuran, garam dan lada secukupnya plus ambil sedikit air kaldu sisa tadi ngerebus ayam diaduk bareng. Bikin agak kental. Banyakin mayonaisenya. Udah selesai diaduk dicampur sama yang lain
5.       Masukin ayam matang dadu, kentang dadu, bawang bomba parut, putih telur kuning dadu dan sayuran lainnya bareng di mangkok besar trus aduk sama sausnya. Taruh parutan keju chedar.
6.       Masukin ke kulkas dulu beberapa jam dan makan dingin-dingin. Nom Nom..


Salad Ayam Mangga Indramayu ( Foto: Rike)

Resep Salad Ayam Mangga Indramayu ala Rike Bewinda

Bahan:
Ayam daging boneless ukuran 1 kepal tangan iris dadu
Kentang 1 buah iris dadu
Mangga Indramayu matang 1 buah iris dadu
Seledri secukupnya ( gue suka banyak jadi sekitar 1 gengam tanganlah ) iris kecil-kecil
Bawang bombay secukupnya trus iris kecil/dadu
Tomat segar buang biji isinya trus potong dadu
Lada secukupnya
Thousand island secukupnya

Cara membuat:
1.       Rebus ayam yang udah di potong dadu ama kentang dadu sama lada secukupnya. Angkat dan tiriskan
2.       Trus aduk ayam dan kentang sama irisan seledri, bawang bombay, mangga indramayu, tomat dengan thousand island.
3.       Jadi deh trus tinggal langsung lep lep lepppp...makannnn.



#salad #ayam #mangga #chicken #manggo #indramayu



Comments

Popular posts from this blog

Nasi Liwet on my 38 Birthday