Bermain Dengan Tepung Terigu, Jatuh Cinta Pada Roti

Nom nom..ow cantiknya ( Foto: Rike)



Bagi sebagian orang dana pensiun itu penting. Tapi bagi gue, pensiun aka memasuki masa tua kayaknya seru juga ya untuk bisa mengelola bisnis sendiri. Kayak bisnis roti gini. Awalnya cuman main-main sama terigu, kenalan sama adonan eh trus jatuh cinta deh sama rotinya. Eh, trus keterusan ehhh malah jadi duit tambahan. Yah, siapa tahu rejeki anak sholeh ya.

Nah, jadi minggu kapan tuh kemarin, gue diajak sama kakak perempuan gue untuk ikutan kursus roti sama mamanya temen keponakan gue (LOL panjang yak). Dari cerita kakak gue, gue tahu bahwa Mama Nail, yang punya kursus roti ini juga sering ngasih kursus buat ibu-ibu dan remaja puteri buat belajar bikin kue, cake dan roti.

Pakai mixer roti ( Foto: Rike)

Tahap rounding tahap yang gue suka ( Foto: Rike)
Bikin cinamoon roll kesukaan ( Foto: Rike)


Usaha sebelumnya Mama Nail memang dibidang perkuean tapi kemudian dia juga membuka kursus kue, roti dan pastry. Ini juga karena ada beberapa ibu-ibu yang mendorongnya untuk membuka kursus kue dan roti. Jadi dibuka deh kelas kursus kue dan roti di rumahnya di bilangan Beji Depok. Rumahnya tuh gak jauh dari jalan Nusantara gitu deh.

Pertama kenalan sama adonan roti sebenernya gue gak kagok-kagok banget ya karena memang sebelumnya, udah kenal lewat alm. Mama yang memang suka membuat kue dan roti juga. Hampir tiap minggu dulu alm. Mama suka bikin kue dan roti atau penganan buat minggu sore. Kadang juga cuman bikin misro atau combro aja sih tapi yah seru aja bikinnya.

Roti sosis ( foto: rike)

Mama nail lagi buat saus atasnya buat roti ( Foto: Rike)

Baru diangkat dari oven ( foto: rike)

Baru diangkat dari oven ( foto: rike)

Nah kemarin, gue mulai lagi ketemu adonan ini. Cuman kalau jaman mama dulu kita pakai tangan ngulenin rotinya kalau sekarang jaman udah canggih kita bisa fokus sama hal lain kayak decorating rotinya supaya cantik sambil nunggu roti ditaroh di mixer khusus adonan roti. Roti buatan Mama Nail ini hampir semua rotinya gak pakai bahan pengawet atau segala pelembut. Bahan dasarnya juga cuman tepung terigu ( mix antara tepung cakra, segitiga dan tepung hime), roti, susu bubuk, susu cair, air dingin dan ragi instan. Gue juga kaget pas jadi eh rotinya lembut banget kayak roti=roti yang suka dijual di mal gitu. Gue kira sebelumnya roti tanpa pelembut tuh bakal gak enak tapi enak juga rupanya.

Mama Nail selain ngajarin kita buat roti enak bin lembut tanpa pengawet dan pelembut juga gimana caranya bisa membuat roti kita tampil cantik buat dijual di pasaran. Jadi dia juga ngajarin gimana melipat dan mengemasnya dengan ciamik.

Lagi dihias ( foto: rike)

my cinamoon rolll ( foto:rike)

Saus atasnya cinamoon roll ( foto: Rike)

Cinamoon roll yeeeyeee ( Foto: Rike)

Kita juga buat roti ini ( Foto: Rike)
Kita juga bikin ini ( Foto: Rike)

Packaging ( Foto:Rike)

Ouwww...cinamoon rollll ( Foto:Rike)


Cuman ya pas nyoba di rumah. Dengan peralatan yang baru dan bahan baku yang gue kurangin setengah karena memang mau bikin setengah resep buat latihan di rumah. Cuma ya gitu, ada aja kurangnya. Ya kurang diulenin kek, ya api kegedean kek, ya kertas cupnya nempel sama adonan gue parah.Api di oven kegedean jadi deh bawahnya rasanya agak crunchy hahaha... beda banget sama pas bikin di rumah Mama Nail yang lebih lembut atas bawah.

 Ternyata dalam pembuatan roti selain perhatian sama oven juga jangan lupa buat selalu inget untuk tidak pernah lupa bahan resep soalnya pas bikin yang kedua kali hahaha... gue gagal total. Lupa masukin susu bubuknya, kebanyakan susu cair dan raginya kurang. Jadi itu roti kayak batu bata. Kerasss.. Makanya emang sebagai baker roti mah resep gak boleh lupa dari ingatan. Soalnya daripada jadi roti batu bata kan ya, mending selalu apalin itu resep setiap hari.


Mini bread rounding ( Foto: Rike)

Rotiiiiii gue bawahnya terlalu crunchy ( Foto: Rike)


Ohya, seneng juga setelah kursus pun kita tetap bisa komunikasi perkembangan kita sama mama Nail. Jadi bisa konsultasi, mana yang sebaiknya kita lakukan dan mana yang gak sebaiknya kita lakukan terkait sama produksi roti yang udah kita buat ..semacam after sales service ya, pokoknya konsultasi dehhh tapi tentang roti yaaa..hehe..




#roti #tepungterigu #kursus #belajar

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan