Telusur Minat Bersama Anak-Anak

Bersatu 2018 Allianz Kidzania ( Foto: Allianz)

Dua anak perempuan dengan kaus berwarna biru dengan tulisan Bersatu 2018 berdiri di depan etalase kaca, menengok ke kanan dan ke kiri. Mencari tahu apakah teman-temannya yang sudah masuk ke dalam ruangan berwarna merah itu sudah selesai atau belum.

Waktu di depan ruangan kerja laboratorium barang eletronik juga belum menampakan angka yang mendekati 00:00 dimana akan dimulainya kembali waktu kerja laboratorium alat elektronik seperti handphone.” Ini udah mulai ”, kata salah satunya yang berambut panjang dan dikuncir satu.

Saya yang duduk di kursi taman yang ada di depannya sempat berkata,” Iya, yang ini emang udah mulai. Kalau mau ikutan baris saja dulu disitu mengantri”. Saya meminta kedua anak perempuan itu yang berdiri didepan etalase untuk berbaris di garis khusus berwarna kuning khusus anak untuk berbaris kalau memang mau ikutan masuk ke lab.”Tapi masih lama”, kata yang berjilbab kepada si kuncir.


Anak-anak Bersatu 2018 ( Foto: Rike)

Building Climbing, secret agent
opening dan Bersatu 2018
( Foto: Allianz)

Kemudian saya bertanya,” memang sudah kemana saja sih?”. Yang berkuncir menjawab,” udah kesana, kesana  dan kesana (menunjuk ke beberapa ruangan yang ada di tempat wisata bermain anak Kidzania, Pacific Place) trus mau coba yang ini tapi harus menunggu”. Tak lama si kuncir pun bertanya kepada seorang petugas yang berdiri tak jauh dari saya.

“Mas, ini mainnya bayar gak?”, tanya si kuncir kepada mas petugas yang berdiri itu.” Gak bayar. Mau main?”, dia ditanya balik oleh si mas petugas. Si kuncir pun menjawab mau dan mendaftar bersama temannya yang berjilbab putih. Nampak wajahnya riang, karena kebetulan sekali permainan ini belum ada yang mengantri untuk mencobanya.


Opening Climbing Building
 Allianz Kidzania
( Foto: Rike)


Keduanya kemudian diberi helm pelindung berwarna biru dan pelindung tali kemudian keduanya naik ke bagian atas sebuah sisi gedung. Keduanya pun diajak naik lift mini untuk melakukan pembersihan kaca gedung. Keduanya nampak gembira diatas sana mengerjakan pekerjaannya. Dan tentu saja setelah selesai bekerja mereka akan lebih bahagia lagi karena ada upah yang akan diterima dari hasil kerjanya sudah menunggu di bawah.

Keduanya merupakan dua dari sekian banyak anak-anak yang turut hadir dalam acara yang diadakan oleh Allianz dan Kidzania hari Kamis (18/10/2018). Anak-anak dengan kaus warna biru bertuliskan Bersatu 2018. Bersatu adalah singkatan dari Bersama Anak-anak Dhuafa dan Yatim Piatu. Sebuah program  yang melibatkan banyak sekali anak-anak dari kaum Dhuafa dan Yatim Piatu yang sudah beberapa kali diselenggarakan ini.


Secret Agent Allianz Kidzania ( Foto: Rike)

Ruang secret agent Allianz ( Foto: Rike)

Mereka sudah datang ke Kidzania sejak pagi, bahkan ketika saya datang sekitar pukul 6:30 WIB sebagian mereka sudah terlihat di ruangan bawah mal Pacific Place Jakarta Selatan. Berbaris untuk bisa naik ke tempat bermain Kidzania di lantai atas.

Baru setelah pukul delapan pagi lewat, anak-anak yang berbaris dibawah itu naik ke lantai atas untuk bersiap-siap turut melaksanakan seremoni pembukaan acara Bersatu 2018. Usai melakukan pembukaan, anak-anak diperbolehkan bermain mencoba seluruh wahana pemainan yang ada di Kidzania. Saking semangatnya, hampir seluruh ruangan Kidzania dipenuhi oleh anak-anak kecil berkaus biru.


Nyoba jadi pemadam kebakaran ( Foto: Rike)
Antri ingin jadi pemadam ( Foto: Rike)

Menunggu di garis kuning ( Foto: Rike)


Anak-anak disini bisa menelusuri semua jenis pekerjaaan yang ada di kota mini Kidzania ini. Dari mencoba menjadi mekanik mobil dengan gaji yang lumayan, menjadi polisi yang mengejar tersangka, menjadi hakim, menjadi petugas pemadam kebakaran, peneliti bidang medis, arkeolog, bekerja di salon, menjadi hotelier, menjadi pemanjat gedung, menjadi agen rahasia bahkan menjadi artis di teater yang ada di pusat kota mini ini. Ini seperti mencoba membuka sedikit celah untuk menengok sebentar ke ruang di masa depan, dimana anak-anak kelak akan menjalani kehidupannya.



Penampilan Lili (Foto: Allianz)


Selain acara Bersatu 2018, di dalam acara ini juga diselenggarakan pembukaan Climbing Building dan kegiatan Secret Agent yang didukung oleh Allianz. Allianz mengunakan kesempatan hari Asuransi tahun ini dengan cara yang berbeda. Bekerjasama dengan Kidzania Jakarta, Allianz resmi membuka 2 establishment yang bisa dinikmati oleh anak-anak yaitu secret agent dan climbing building.Melalui kedua kegiatan ini, diharapkan oleh Allianz bisa memberikan  pendidikan tentang pentingnya perlindungan serta apa manfaatnya jika kita menyiapkan dan mengelola keuangan sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

Anak-anak yang datang ke acara Bersatu 2018 juga dihibur oleh Lili dan kawan-kawannya yang menarikan tarian modern dance dengan begitu energik. Lili dan teman-temannya juga sempat bernyanyi menghibur adik-adik kecil yang hadir di kota mini Kidzania. Sementara Anak-anak Bersatu 2018 juga turut memeriahkan atraksi marching band sambil berpawai keliling kota mini Kidzania.


Ini lucu banget sumpah
 drama komedi di teater mini
( Foto: Rike)


Tapi dari semua pemainan dan atraksi yang ada di kota ini, saya sangat terhibur oleh penampilan anak-anak Bersatu 2018 yang beradu acting diatas panggung teater di kota mini ini. Mereka memainkan drama komedi Peterpan yang sangat sangat sangat menghibur saya yang kala itu sedang mengantuk parah, apalagi didukung oleh kursi yang nyaman dan pendingin ruangan yang sangat dingin.

Saya didampingi oleh seorang ibu dari salah satu kelompok anak yatim piatu di Bekasi yang malah jadi ikut tertawa terpingkal-pingkal karena kelucuan dari permainan acting yang anak-anak bawakan di depan teater. Kali ini saya pulang dari event dengan ceria, kantuk saya bisa saya obati di bus TransJakarta tapi menikmati hiburan yang disajikan oleh anak-anak dhuafa dan yatim piatu Bersatu 2018 di teater mini Kidzania tak akan saya lupa sampai kapanpun.


#allianzXkidzania


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan