JFW 2019, Kain Indonesianya Bikin Cinta

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)


Kalau ada event fashion tahunan di Indonesia yang gue ikutin, yang paling bikin gue seneng ya Jakarta Fashion Week (JFW). Udah beberapa kali gue datang sejak 2012/2013 gitulah, walau ada perubahan di tiap tahunnya tapi gue sih seneng-seneng aja lihat kain – kain Indonesia bisa dimodifikasi jadi bentuk hasil kreasi yang cantik, indah dan brilian.

Tapi dari semua fashion show JFW yang paling poll pas dapat free access ke semua show di fashion tentnya sampai sengkleh kaki. Pas jaman jadi content writer di website anu itu haha..jadi gue mendaftarkan diri sebagaian bagian dari media yang meliput dan voila free access ke semua show pun terbuka jalannya. Sebenernya gue ngeliat hampir semua fashion show selama 4 hari dari pagi sampai malam, dengan foto yang buanyak banget cuma ada regulasi agar semua media gak boleh menayangkan foto fashion show yang diambil untuk kebutuhan pribadi misalnya buat mejeng-mejengin di sosmed. Jadi yaudahlah, semuanya gue serahkan ke kantor gue dah. Ya, daripada nama baek gue tercoreng ya mempergunakan milik orang laen untuk kepentingan pribadi, mending mah kita berpuas diri aja, alhamdulillah bisa lihat fashion show maraton kain-kain indonesia yang cantik itu di JFW.

Humbang Shibori Purana JFW2019 ( Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)


Nah, beberapa hari lalu gue datang ke event ini lagi. JFW 2019. Emang sih beda kalau kita datang sebagai pengunjung sama kerja bakti buat kantor yak. Kalau datang fashion show buat nonton doang tanpa tekanan batin harus setoran tulisan dan segala eprikiblisimilikitikimihimihihihihinya mah enak, lah ini kalau karojo yak. Itu mata musti awas, fisik musti tahan banting, mental gak usah berharap turun dah. Soalnya kan kejar kejaran tuh ya antara harus mengamati, mendengar, bertanya di press conference dan kebutuhan pribadi yang harus ditangani. Jadi ya salut lah sama jurnalis fashion yang ngider nongkrongin acara Fashion show dimanapun berada. Pas gue aja, mau makan siang aja udah kagak bisa dah, soalnya habis zuhur langsung bersiap untuk press conference dan terus lanjut fashion show. Jadi apa aja yang dihidangkan di meja buat media, gue sikat, daripada gue sakit kan ya.

Kalau sekarang gue datang untuk benar-benar menonton dan menikmati kayak tahun tahun sebelumnya dimana gue cuman berniat jadi pengunjung. Sambil ya mengamati tapi gak pake telat makan. Cuman ya walau berbeda sama pas Fashion Show di tahun sebelumnya, tahun 2019 ini kok perasaan banyakan talkshownya. Trus pas jaman kapan yak, kita kan dapat es krim gratis. Kalau pas sekarang, yang free-free gitu cuman ada undangan VIP. Sementara kan gue undangan reguler ya jadi nerima aja. Tapi haha gue seantrian ama mbak Wanda Hamidah dan beberapa fashionista lain di undangan reguler. Jadi yah walau dandanan gue gak kayak mereka pakai pakai gaun mahal dan keren, tapi ya berjejer sama yang cantik-cantik katanya sih bisa ketularan cantiknya juga. Yah sapa tahu kan yak, kita mah kan harus selalu positip tinking aja yak.

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)


Gue datang untuk Fashion Shownya Obin House dan Humbang Shibori Purana tanggal (25/10), gue sempat gak enak badan, karena cuaca dari kemarin kan gak menentu. Tapi halah begitu nyampe di Fashion tent ya terus semangat 45 lagi. Biar keringat bercucuran dan udara panas bingit di luar fashion tent. Tapi soal fashion show mah, langsung jiwa patriotik nan militan gue kambuh.

Obin muncul gak disangka. Dari ujung salah satu sisi stage fashion tent. Gue kira dari tempat biasa para peragawati keluar tapi ini tiba-tiba beliau mengucapkan terima kasih atas kedatangan kami para penikmat fashion yang sudah bersedia datang ke fashion shownya. Setelah itu peragawatinya juga muncul dari arah stage bagian yang dekat sama tempat para jurnalis foto. Lucu bajunya, batik cuman gaya-gaya edgy gitu. Kimono ala ala jepang yang dipadu sama bahan batik. Terus di sesi berikutnya masih dalam fashion show Obin menampilkan kebaya-kebaya cantik dipadu sama kain batik juga. Cuman ya ada yang beneran kayak kebaya ada yang potongannya lebih modern dan lebih dinamis sih ketimbang mengunakan kebaya tradisional biasa.
Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)

Obin House JFW2019 (Foto: Rike)


Nah, pas fashion show kedua. Itu Humbang Shibori Purana, menampilkan kain-kain shibori yang mengunakan pewarna alam dengan mengambil inspirasi dari warna-warna di Danau Toba, Sumatera Utara. Jadi ini kain menurut penjelasan mbak-mbak di fashion link lt.8 dimana ada stand Humbang Shibori berada (gue kemari di hari berikutnya), katanya hasil pemberdayaan dari CSR asuransi Sinarmas yang berada di Sumetera Utara. Lucu-lucu pas dipegang sama gue bahan bajunya, cuman gue lebih tertarik sama baju-baju untuk perempuannya dibanding buat laki-lakinya. Soalnya potongan bajunya lebih keren yang perempuan. Dressnya juga lucu-lucu. Cuma ya itu tadi karena kemari niatnya cuman mau cuci-cuci mata jadi lah ya gak beli sih. Yah sapatau aja ya, tiba-tiba ada rejeki ya ngirimin gue salah satu koleksi dari dua designer ternama ini hehehe.. maunya..ngimpi ya ke. Ya lah di amin-kan saja dulu. Siapa tahu benar terwujud.






 #JFW2019 #fashion #Indonesia #Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan