Asinan Yesterday Tanpa Cuka


Asinan yesterday tanpa cuka ( Foto: Rike)


Biar dibilang anak jaksel maka judulnya pun demikian ya kakak. Nah kalau yesterday, karena buatnya ya udah yesterday gitulah. Sumpah nama yesterdaynya juga bukannya mau ngikutin lagunya om Axl Rose, vocalisnya Guns n roses apalagi ikutan lagunya om John Lennon the Beatles. Gak..swear dah.

Itu semua karena ya itu tadi buatnya kemarenan gitu loh kakak makanya kita ini nyebutinnya sebagai asinan yesterday. Kalau bikinnya besok yah gue namainnya asinan tommorow dong. Gimana sih? Pernah TK gak sih? Heh? Hehehehe...

Asinan itu terkenal di Indonesia. Karena gue orang betawi ya gue kenal asinan betawi sejak orok eh..sejak kecil lah. Sering dibawain sama sodara atau ya mama beli aja buat di makan di rumah.

Dan kebetulan lagi sekali lagi..mama kan urang sunda jadi mamam yang asem-manis-asin macam asinan itu juga udah hal yang biasa. Kan di bogor ada namanya asinan bogor. Dari semua asinan bogor favorit gue itu asinan buahnya gedong dalam sukasari. Beberapa kali nekad jalan sendirian ke sukasari dari rumah demi bela-belain makan asinan di tempat jualnya.


Asinan yesterday tanpa cuka ( Foto: Rike)


Kalau asinan betawi, yah yang gue suka asinan di condet yang cukanya pakai cuka aren dan banyak potongan tahu. Dulu jaman sodara gue ada yang tinggal di condet, keluarga gue suka dibawain. Itu asinan juga cepet banget habisnya. Pagi sampai siang jualan, sore udah tutup habis. Selain asinan condet gue suka juga asinan sayur baik yang diabang-abang tukang dorong lewat atau yang jualan di deket kecamatan Jagakarsa. Tapi gue juga asinan juhi, hahaha...jadi yaaa gitulah asinan emang enak.

Yawdah nih kelamaan dan kepanjangan nulis takut kalian pembaca menangis jejeritan ini gue kasih resep asinan yesterday tanpa cukanya. Semoga bisa dipratekkan ketika tidak ada makanan yang bisa di cemil di rumah ( yah ini idenya terwujud berkat bingung mau nyemil apaan dan di rumah adanya buah-buah yang nyaris matang..MATANG??!?!.. iya maksudnya itu nyaris berubah warna menjadi cokelat, yah eman-eman lah daripada mubazir kan yak)..


Asinan yesterday tanpa cuka ( Foto: Rike)


Ahsudalah mari kita membuat:

Okay siap siap ya ini dia nih..siapin yang ini untuk di potong
1 buah apel fuji ( potong kecil dadu/ tipis)
1 buah pir ( potong kecil dadu/tipis)
Separoh nanas (potong segitiga)
Anggur secukupnya ( belah dua)

Penganti cuka:
1 jeruk peras asem yang kulitnya masih ijo ( peras)
1 jeruk pontianak matang kuning (peras)
Cabe merah secukupnya dipotong kecil ( kalau mau pedes banget di perbanyak)
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Air dingin dari kulkas/dispenser secukupnya


Asinan yesterday tanpa cuka ( Foto: Rike)


Cara membuat:
  1. Semua yang udah dipotong buahnya dijadiin satu mangkok
  2. Untuk penganti cuka: gula, garam diaduk dulu jangan sampai terlalu asin atau terlalu manis ntar jadinya manisan bukan asinan. Eits jangan kebanyakan air ntar tenggelem kan gak enak, nanti namanya bukan lagi asinan tapi tenggeleman. Nah udah gitu nih campur deh sama cabe potong, jeruk kuning peras dan jeruk peras hijau jadi satu. Aduk aduk deh semua saus ini
  3. Tuang saus keatas buah-buah potong yang ada di mangkuk. Kalau pengen rasanya seger plesples bisa dimasukin kulkas dulu baru mamam bareng sekeluarga pas makan malam bersama kalau mau egois ya setelah disiram langsung aja di mamam asinannya sendirian. Jangan bagi-bagi.
  4. Udah gitu aja. Kalau gak percaya buktiin aja sendiri. Kalau gak suka ya itu resiko anda. Saya kan cuma kasih tahu aja. Terima angpau.

#asinan #asinantanpacuka #tanpacuka

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan