Mana Duluan Hayo? Nabung,Investasi atau Beli Asuransi?

Main monopoli sambil belajar
kelola keuangan,
mana nih yang penting?
( Foto: Allianz)

Heyho! Beberapa hari lalu nih, tepatnya hari Senin (13/08) saya datang ke kantornya asuransi Allianz Indonesia di Allianz Tower. Saya datang ke ruang Bandung di lantai 7. Disana saya diundang oleh asuransi Allianz Syariah untuk hadir dalam sebuah kelas mini untuk belajar bareng tentang asuransi.

Saya awalnya berpikir, kelas ini akan semacam seminar atau talkshow yang membosankan. Tapi ternyata nggak begitu. Gak seperti apa yang saya pikirkan sebelumnya. Masuk ke dalam mini class bareng para blogger lain ini saya malah langsung diajak bermain. Coba bayangin deh hari senin pagi yang orang kantoran biasa pada stress meeting kita mah malah diajak main, ya senang dong.

Kita main semacam monopoli gitu deh tapi ada yang jadi banker-nya beneran. Dalam kelompok di tim saya, ada 4 orang blogger (Mbak Ana, Mba Yanti, Aida & saya)  dan 2 orang banker dari asuransi Allianz Syariah (Mbak Nadia & Mbak Juju). Diawal kita semua dianggap punya pekerjaan sebagai supervisor di kantor masing-masing dan memiliki gaji sekitar Rp 1.400/orang/bulan.

Cuma eits tunggu dulu. Awalnya sih senang ya dapat uang kipas-kipas dengan gaji lumayan. Tapi kita diajak juga ternyata untuk bisa memahami kondisi nyata yang bisa saja terjadi dalam hidup seorang manusia, melalui skenario yang digambarkan dalam waktu beberapa menit sekali, yang ditampilkan oleh mediator kita yang namanya mas Irfan. Tapi bukan mas Irfan hakim loh. Yang ini namanya mas Irfan Hanif dari Investment Communicationnya Allianz Syariah.


Mas Irfan, Investment Communication
Allianz Syariah
(Foto: Allianz)


Entah itu karena kondisi ekonomi negara yang terjadi tiba-tiba yang bikin jantung deg-degan hampir copot. Harga saham investasi yang kita beli diawal permainan ini bisa aja tiba-tiba anjlok. Atau nih tiba-tiba kalau kitanya berada dalam kondisi sakit. Udah gitu sakitnya gak kurang cakep deh dari penyakit kritis. Aduh ampun deh. Bayarnya mahallll sekaliiii.

Untungnya saya sempat beli polis asuransi kesehatan kepada banker jadi biaya pengobatan kesehatan bisa lebih murah sedikit lah ya. Coba kalau waktu itu gak sempat beli asuransi, wah alamat amsyong berat dakuh. Biaya yang ditimbulkan karena kita sakit itu ternyata mahal banget.

Saya juga sempat salah strategi dalam jual beli saham. Ketika saham turun malah saya jual. Ini semustinya tidak saya lakukan. Karena pada suatu kesempatan lain bisa saja harga saham naik.

Juga soal membeli investasi properti, karena gaji saya belum seperti teman-teman yang sempat mendapat kesempatan untuk  naik jabatan/promosi jadi saya menunda membeli properti. Yang memang dikesempatan lain ternyata terbukti mempunyai nilai ekonomi yang sangat besar.

Dari permainan ini. Kalah menang itu buat saya tidak terlalu penting ya. Sebab yang menjadi penting buat saya. Saya jadi bisa memahami mana yang perlu didahulukan dalam kehidupan. Dan ini menjadi pelajaran berharga.

Setelah saya pahami dari permainan monopoli dalam mini workshop untuk blogger dari asuransi Allianz Syariah ini, bahwa buat saya yang perlu saya dahulukan dalam kehidupan khususnya untuk meraih perekonomian yang lebih baik. Maka saya memilih pertama yaitu menabung lebih dulu, kemudian asuransi kesehatan contohnya dengan mengunakan asuransi kesehatan Allianz. Keduanya menjadi penting bagi saya karena kalau kita sakit akan susah mencari uang/makan untuk bisa melanjutkan hidup. Kalau kita sehat kan kita jadi bisa mencari makan, bisa berbuat lebih baik.


Kak Nadia dari Allianz
yang bantuin tim jadi banker kami
( Foto: Allianz)


Setelah itu, saya baru bisa katakan bahwa kita butuh juga untuk ber-investasi dan membeli properti. Karena bagaimana pun keduanya bisa memberikan keuntungan yang baik dikemudian hari bagi kita. 

Berinvestasi sendiri menjadi penting buat saya sebagai urutan berikutnya untuk menunjang perekenomian sebab bisa menjadi tabungan jangka panjang, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga kita (seperti anak dan istri/suami).

Sedangkan untuk properti, yang walaupun kita bisa saja mengontrak rumah sekarang, tapi ternyata yang saya tahu dari permainan monopoli dari asuransi Allianz Syariah ini. Properti mempunyai nilai ekonomi yang besar ketika dijual dikemudian hari, karena setahu saya nilai properti bisa terus bertambah beriring sejalan dengan waktu.

Tapi tetap perlu diperhatikan dikarenakan harga belinya juga tidak murah, maka ada dua solusi lain yang bisa dilakukan contohnya dengan berhutang ke bank/ menyicil ketika membeli properti atau solusi lain yang pernah saya lakukan dalam membeli properti ya dengan meminjam kepada saudara atau teman.

Setelah membeli investasi dan membeli properti, ada juga yang perlu kita perhatikan nih. Incase terjadi kebakaran atau kejadian yang diluar dugaan kayaknya pentingnya juga untuk punya asuransi untuk investasi dan properti kita jadi tetap terlindungi dan aman. Jadi kita gak khawatir deh.

Sekian dulu ya. Semoga tulisan ini berguna buat teman-teman diluar sana yang masih ingin mempertimbangkan mana sih yang lebih perlu didahulukan agar perekonomian kita menjadi lebih baik. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.



#AllianzSyariahIsNow #Allianz #AllianAsuransiSyariah #Asuransi #AsuransiSyariah





Comments

  1. Makin mantap berasuransi di Allianz, sudah halal plus ada investasinya lagi

    ReplyDelete
  2. Iya benar mas. Ternyata asuransinya Allianz banyak manfaat lainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan