Galau, Harus Bilang Apa Ya..

Malam ini gak ada yang nongkrong..huaaa galau antara senang dan sedih unyil-unyil itu gak ada tapi ya eh ini kan waktunya belajar yaaaa...


Biarin deh dibilang gak tegas. Tapi ini sumpah galau banget. Jumat sore, anak-anak nongkrong lagi. Kali ini gak ada anak dari luar kampung tapi hanya ada sekitar 10’an anak abg dari rumah-rumah di belakang. Pulang pindahan barang ( hoho gue mau pindah rumah nih ..ya biasa nomad masa kini), gue perhatiin anak-anak nongkrong lagi. Gue yang udah lama gak memperhatikan tanaman-tanaman yang gue taroh di pinggiran dinding tembok berlin (tembok yang memisahkan antara perumahan gue dengan perkampungan belakang rumah)nengok-nengokin tanaman yang udah mulai gak keliatan wajahnya alias amburadul dah. Gue bilang ke salah satu mereka (tadi yang nongkrong pertama sebelum magrib itu ada dua ekor remaja abg yang nongkrong yang satu yang tuaan yang satu yang mudaan),” eh bocah coba lihat itu taneman yang di bawah lampu masih ada apa gak?”. Yang tuaan cuek, yang mudaan jawab.” Udah gak ada Bu”. Akhirnya keduanya gue paksa  (haha!) dan gue suruh tanamin sirih gading.

Usai disuruh ama gue untuk nanem sirih gading, mereka yang mulai berdatangan dan mulai rame. Hihi kayaknya udah pada mandi sore dan keliatan segeran. Mereka deh semua gue suruh munggutin sisa sampah bekas mereka nongkrong. Termasuk puntung rokok dan segala chiki-chikian ala-ala dan bungkus apaan lagi gak tau dah. Abis itu gue suruh mereka juga maku tanaman sirih gading gantung buat mempercantik gang pengkolan deket rumah. Sekalian gue kasih wejangan.

Gue gak ikut arahan Pak Seno untuk membubarkan habis mereka. Gue lebih mikir, ya anak muda. Sabtu minggu boleh nongkrong tapi jangan kemalaman. Gue juga bilang kesian orangtua kalau kebanyakan nongkrong. Mereka nurut dan pada mau dengerin gue ngomel. Sampe dibilang,” Ibu..ibu kayak emak-emak kita”. Gue cuman ketawa aja dah. Setelah itu mereka minta dibuatkan makanan, gue bilang gue punya singkong sama ubi. Kalau mau gue buatkan singkong sama ubi. Ada yang minta lebih gue bilang. Gue adanya itu kalau gak mau, ya minta sama mak bapaknya dah. Akhirnya mereka nurut mau.

Gue sempat papasan sama Pak Seno yang nyuci mobilnya didepan rumah. Say hello tapi ya just that. Pas magrib kan gue suruh anak-anak bubar karena hormati azan magrib dan gue suruh mereka pulang buat sholat. Sementara mereka sholat, gue janji masakin mereka singkong dan ubi rebus. Untuk terima kasih gue udah mau bantuin gue bersih-bersihin gang di kampung belakang dekat rumah mereka yang berbatas sama perumahan tempat gue tinggal.

Cuman ketika ubi rebus sudah siap dan ceritanya mau gue kasih ke mereka nih, udah ada sepiring munjung tuh ubi rebus. Dan gue perhatikan di deket gang ada yang mundar-mandir. Ada sebentuk bulatan kepala. Gue kira itu kepalanya bocah-bocah tongkrongan. Gue tegurlah itu sebuah bentuk bulatan kepala yang bayangannya doang keliatan dari bawah temaram lampu jalan gang depan pengkolan rumah.” Ehhh.. udah pada nongkrong ya?”, tanya gue kepada bentuk bulatan kepala sambil bawa ubi rebus sepiring dari arah rumah. Dan gak tahunya...wakaw.. suara yang menyahut bukan suara anak-anak yang cempreng yang biasa nongkrong, bukan suara orang yang baru pecah, “ GAK ADA LAGI YANG BOLEH NONGKRONG DISINI BU! SELAMA SAYA MASIH ADA DISINI GAK ADA YANG BOLEH NONGKRONG DISINI!!!”, itu mengelegar itu...seperti suara milik Pak Seno. Pas gue deketin bener, itu Pak Seno—Marinir yang tinggal di ujung gang deket perumahan gue. Eaaaa... iya sih saya bersyukur Bapak ada, jadi anak-anak gak nongkrong malam-malam, cuman pak ini ubi rebus dan singkong rebus saya mau dikemanain???? Gue udah janji sama mereka. Mereka ada dimana? Tapi yawis ya daripada Pak Seno yang gue tawarin ubi rebus, mending gue keep dulu dah. Siapa tahu ada bocah nongkrong yang tadi sore bantuin gue munggutin sampah di jalanan gang pengkolan rumah.” Ohhh..yaudah deh, Pak”, gue bilang gitu aja trus ngeluyur masuk rumah lagi bawa ubi rebus gue yang siap mendingin. Gue perhatiin si bapak masih mondar mandir di depan pertigaan pengkolan masih dengan sarung abis sholat Magrib.

Nyiksss.. sementara kemudian singkong rebusnya mateng. Gue bingung. Sementara malam itu tuh gue kudu ke rumah kakak gue buat nemenin Yipa. Ini singkong ama ubi rebus kudu gue apaaaaaiiiinnn... pusing dah tuh gue. Sejam gue perhatiin masih gak keliatan nongkrong bocah-bocah trus aja gue nungguin sampe abis Isya dah tuh. Eh keliatan. Ada 2 ekor remaja abg nongkrongers yang tadi bantuin ngebersihin sampah depan gang.” Hoii..hoiii,” kata gue setengah berbisik dari balik pepohonan yang tumbuh deket rumah. Keduanya sempet gak denger. Cuman pada Hoi yang keberapa ga tahu dah. Akhirnya keduanya ngeh. Terus gue bilangin jangan pada nongkrong dulu, si bapak marah. Udah trus gue suruh mereka bawa pergi ubi rebus sama singkong rebus yang gue masakin buat mereka. Gue suruh mereka pergi jauh jauh dah dan tidak nongkrong malam itu.

Kesian juga bocah. Mereka berdua tergopoh-gopoh pergi sambil bawa piring isi ubi rebus dan isi singkong rebus dua munjung wkwkwkwkw...mana masih panas-panas yang isi singkong. Yang bawa ubi sih masih mendingan soalnya piringnya plastik. Tuntas urusan janji singkong dan ubi rebus, baru deh gue pergi nemenin Yipa.

Tadi gue denger dari anak-anak yang nongkrong. Mereka udah dua hari ini gak nongkrong malam sejak ada sweeping malam Pak Seno. Mereka ngaku hari ini, sore, baru bisa ngumpul bareng. Pas gue tanya mana piring gue. Mereka minta maaf karena yang ceramic pecah..Hiks piring kesayangan gue tapi yawislah mungkin kudu gue relain ya. Dan satu lagi diambil pemulung. Confirmed dah ikhlasin aja ya rike. Ya bagaimana pun mereka sebenernya anak muda kampung sini. Mau kok mereka disuruh bersihin sampah cuman ya mungkin kudu dikasih tahu arah yang baik aja. Moga mereka gak pindah jalur ya jadi sablegers, pake segala obat-obatan terlarang. Cukuplah nongkrongers aja. Kesian mamak dan bapaknya.

Hoohh.. om Antonio Banderas ayo mainkan lagu Cancion Del Mariachi-nyaaaa. Ayayayayayy.. ahahahahayyyy.
                                      


                                                                              







Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan