Pengen Kluay Tap, Apa Daya Singkong Pun Jadi Lah

Tetiba kemarin tuh pengen banget bikin pisang bakar thailand. Gara gara lihat makanan thailand di page makanan thailand di facebook. Yang kok pas lihat lihat mirip ya sama kue cucur indonesia dan satu lagi mirip sama kue klepon atau wedang ronde cuman pake isian kelapa parut atau kuah wedang ronde ditambah santan.

Ehh dan gue jadi inget sama makanan yang gue cemil di depan istana kerajaan Thailand( gaya banget dah ngemil aje lu ke' perlu ke istana wkwkwkwk ) , belinya di deket pelabuhan sungai yang deket ama istana itu. Dan itu mirip sama pisang epe makassar ( yah walaupun gak pernah ke makassar tapi heyhey kan ada google). Cuman kan beda ya sausnya. Akhirnya cari cari deh di google eh ketemu namanya ternyata Kluay Tap/ Kluay Ping. Itu ternyata adalah pisang bakar dengan saus karamel santan/gula merah dan tambah sedikit garam.

Gw pernah juga coba bikin tapi kok beda ya rasanya dan itu tuh jadinya kayak benyek gitu. Ternyata kalau bikin Kluay Tap itu gak di goreng pake minyak tapi di bakar langsung di atas bara api ya. Trus kuahnya jangan pake meizena kebanyakan jadinya terlalu kental itu kuah sausnya. Ternyata gak gitu ya. Dan jenis pisang yang dipilih bukan yang sudah matang tapi yang setengah matang/ belum terlalu matang. Jadi yang warnanya kuning kehijauan itu dia. Soalnya kalau mau bikin Kluay Tap/Kluay Ping itu rasanya agak gak terlalu manis kayak makan pisang goreng. So pisang yang cocok kalau menurut gue ya pisang kepok muda. Hmm tapi sih sebenernya sih mereka nyebutnya itu pisang namanya burro banana. Nah kalau lihat di google (websitenya lupa judulnya) itu si burro banana tumbuh di thailand, filipina, wilayah amerika latin dan asal pisang ini dari Mexico/Amerika latin. ya gitu deh kira kira. Jadi gue niat nyarinya itu pisang kepok aja dah.

Yawis habis kelar cari tahu di google gue pun jalan lah ke pasar. Udah kebayang tuh. Kluay tap..kluay tap..kluay tap.. di otak. Ehhhh dong pas abis nyampe pasar gak tahunya pas hunting pisang kepok yang sesuai dengan apa yang mau dibuat kluay tap ternyata kata abang tukang pisang yang merangkap tukang singkong dan umbi umbian lainnya itu ternyata gak ada pisang kepok dengan kualitas yang gue cari  (yang setengah matang).  Kata mang tukang pisang, " Ini cuaca kan gak nentu. Susah cari pisang kepok setengah matang hari gini mbak". Selain pisang yang lagi susah, kata mangnya itu singkong ama umbi umbian lainnya. Iya juga sih pas gue lihat ke kiosnya singkong udah tinggal berapa biji, gembili udah tinggal berapa biji, ubi malah tinggal dikit banget. Kayak abis dirampas gitu. oh climate change..sedih banget dah liat pasokan makanan tinggal dikit.

Yawis gue akhirnya beli singkong. Dan setengah gue rebus trus sisanya gue goreng. Ceritanya pengen kayak singkong goreng sambel roa di kopi tiam, tapi gak punya ikan roanya. Jadi deh pake sambel uleg sachetan aja sebagai cocolannya. Dan mayan dah buat nyenengin hati dari kepenatan dunia ini. 


Resep singkong rebus dan goreng ala kazam dah

Bahan:
Singkong beli di pasar


Bumbu rebus:
Jahe secukupnya
Bawang putih secukupnya
Lada halus secukupnya
Jahe secukupnya
Dan Masako secukupnya juga
Air secukupnya panci

Gorengan:
Ya iyalah butuh minyak goreng

Cara membuat:
1. Singkong di kupas trus di potong sesukanya deh biar muat di panci rebusan.
2. Rebus sampe empuk singkong dan bumbu bumbunya.
3. Ambil singkong dr panci lalu goreng.
4. Singkong yg udah empuk hasil rebus dan goreng bisa langsung dihidangkan sama sambel uleg sachetannya.
5. Selamat mencoba. Kalau gagal, cobalah untuk bangkit.


singkong
Singkong rebus dan singkong goreng pake sambel uleg sachet
singkong
Singkong rebus dan singkong goreng dipili dipili dipili

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan