Kenyang Pakai Sehat Menu Piring Gizi Seimbang


menu piring gizi seimbang
Chicken Stick So Good Saus Cuko dan Tumis Cap Cay ( Foto: Rike)

Mencari makanan sehat belakangan gampang-gampang susah. Memang sih di internet banyak sekali yang menawarkan makanan sehat yang sudah sepaket untuk makan pagi, siang dan malam. Tapi kalau sedang turun ke lapangan untuk penelitian dan tidak ketemu makanan yang seharusnya merupakan menu piring gizi seimbang, rasanya sedih banget. Maka itu mumpung masih di Jakarta dan belum turun lagi ke lapangan penelitian berikutnya, saya puas-puasin deh untuk bisa makan sehat dengan menu piring gizi seimbang sampai kenyang.

Iya dong. Kapan lagi soalnya bisa memenuhi makan dengan menu piring gizi seimbang kalau bukan saat-saat seperti ini. Orang boleh bilang, enaknya kerja dibidang penelitian, sampai ketemu waktu dimana makan siang tidak ketemu sama sekali di lapangan, baru ketemu warung dan bisa makan siang itu sekitar jam 5 sore. Udah nyari-nyari warung, makanannya susah banget dicerna atau ya..mie lagi..mie lagi. Gitu deh nasib kerja di lapangan. Yang katanya sih gajinya gede itu, tapi ya..ujiannya itu ekstra, ya fisik.. ya mental ..ya segala deh. Dan buat saya ujian tersebut juga itu termasuk makan telat, yang mana sangat mungkin membuat asam lambung saya bereaksi lebih hebat dari biasanya. Satu yang saya cari kalau sudah sakit begini, obat maag. Tapi katanya kalau kebanyakan mengunyah obat maag bisa berefek buruk kepada ginjal.Nyiks..Derita tiada akhir kalau begini mah ya.

menu piring gizi seimbang
Harus makan sehat selama bisa, puas-puasin kenyang sehat makan tepat waktu ( Foto: Rike)


Tapi sebenarnya bisa disiasati sih, makan di lapangan yang kondisinya susah ketemu warung makan, atau supaya menjaga asam lambung tidak naik yaitu dengan membawa bekal dari rumah. Iya! Membawa bekal. Memang sih kok bawa bekal, perasaan jadi mirip keponakan saya yang masih SD. Memang sih juga agak repot harus menyediakan waktu di malam hari sebelum berangkat pagi atau sebaliknya tapi ini sih strategi supaya kita gak cepat sakit di lapangan penelitian. Buang jauh-jauh lah rasa malu. Mending malu daripada sakit. Syukur-syukur di rumah tempat kita tinggal selama penelitian ada dapur, jadi kan bisa memudahkan kita buat mempersiapkan bekal. 

Nah karena sekarang lagi di rumah jadi untuk bisa memenuhi menu piring gizi seimbang, gak usah susah-susah deh. Sekarang kan ada produk-produk so good yang bisa kita beli di mini market terdekat dari rumah atau di sekitar pasar. Produk-produk so good bisa sih kita masak langsung baik di goreng, rebus atau tumis tergantung gimana kitanya ingin berkreasi aja sih.  Bisa-bisa aja sih dibuat apapun.

Kalau yang saya buat untuk menu piring gizi seimbang kali ini dari So Good Chicken Stick Original. Hooh.. gak mahal kok dan tinggal goreng. Saya belinya di supermarket dekat rumah. Cuma kalau di goreng biasa kan sangat membosankan ya. Jadi saya menambahkan saus gula merah pedas mirip saus cuko-nya Empek-empek Palembang itu. Untuk sayurannya, saya pilih tumis capcay yang mudah dan banyak mengandung sayuran  dan nasi putih untuk karbohidratnya. Sementara untuk buahnya, saya kan suka nanas dan jambu kristal tanpa biji jadi belinya itu.  Biar bisa ngerasain kreces-krecesnya jambu dan manis segarnya nanas.

Sebenarnya untuk buah dan sayur, saya tidak menerapkan pantangan makan. Hanya saja untuk daging, biasanya saya agak pilih-pilih. Terlebih belakangan kan sedang ramai kasus cacing pita yang hidup di tubuh manusia dan kasus ikan yang mengandung cacing, saya jadi agak sedikit lebih ekstra perhatian dari biasanya nih untuk masalah pemilihan daging. Maka itu untuk saat ini kebanyakan saya pilih produk ayam, salah satu daging unggas kesukaan saya sejak kecil.

menu piring gizi seimbang
Jangan lupa makan, air putihnya juga ya ( foto:rike)


Resep Chicken Stick So Good Saus Cuko
Bahan:
1 plastik Chicken stick So good
Minyak goreng secukupnya
Bahan Saus:
Bawang merah secukupnya
Bawang putih secukupnya
Cabe rawit merah secukupnya
Gula jawa/merah secukupnya
Asam jawa secukupnya
Air hangat secukupnya
Cara membuat:
  1. Goreng  semua isi stick di Chicken Stick So Good Original. Angkat dan tiriskan.
  2. Untuk saus cuko: Potong bawang merah, bawang putih dan cabe rawit di iris tipis-tipis, masukan ke dalam wadah bersama gula merah dan asam jawa. Aduk-aduk bersama air hangat. Sampai saus cuko sesuai manis asam pedasnya sesuai keinginan.
  3. Tenggelamkan Chicken Stick So Good Original yang sudah di goreng dalam saus cuko dan siap dinikmati.
Tumisan Capcay ala Rike
Bahan:
Sayuran Cap Cay/sop siap beli (isinya wortel, kentang, kol, daun bawang, seledri dan sawi)
1 buah jagung, dipipil
1 bawang bombay, diiris tipis
1 bawang putih,di iris tipis
1 jahe seukuran jempol, di iris tipis
Saus tiram secukupnya
Minyak secukupnya
Air secukupnya
Cara membuat:
1.Tumis bawang, jahe, bawang, kentang dan wortel (sayuran bertekstur keras lebih dulu masuk) diatas minyak goreng. Tumis sampai wangi.
2.Masukan sayuran lain yang teksturnya lebih lembut.
3. Masukan saus tiram secukupnya.
4. Masukan air dan tunggu hingga mendidih.
5. Siap disajikan.

Ok deh selamat menikmati menu piring gizi seimbang ala saya.
Jangan lupa makan ya.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan