Akhirnya Bikin Kluay Tap, Walau Rasanya Yah Gitu Deh

Haha...akhirnya gue nemu pisang kepok yang masih mengkel/setengah matang buat bikin Kluay Tap (pisang panggang penyet ala thailand). Dan warnanya masih hijau dengan seburat warna kuning yang belum mendominasi.Beli santan kara, beli gula jawa, beli meizenanya dan experiment bikin Kluay Tap deh di rumah teteh. Soalnya kan lagi nginep di rumahnya ya.Cara buatnya kalau inget resep Kluay Tap kemarin sih kok kayaknya gampang ya. Cuma ya karena gak ada daun pandan yawis, seadanya ajalah buatnya.

Cuma ya itu pas bikin pisang buat Kluay Tap sih buat di penyet kok kayaknya gampang aja ya, hanya tambahan saran nih kan kalau pisangnya masih ijo banget sepet rasanya jadi pilih yg gak terlalu ijo banget namun pas setengah matangnya biar gak benyek benyek banget. Panggang di penggorengan dan bolak balik dikit jadi deh. Yang susah ya bikin sausnya. Kok malah jadi sama sekali gak mirip dengan saus Kluay Tap yang gue beli depan istana kerajaan Thailand yak??? Malah tuh rasanya jadi kayak kinca duren wkwkwkwk... mana dikasih meizena kan jadinya kayak bubur lembut gitu hahahaha... tapi ya sudahlah ya lihat sendiri saja cara buatnya. 

Saran juga, kayaknya pas masak santan baiknya ga usah kebanyakan banget dah soalnya jadinya rasanya terlampau gurih dan si mbak art teteh bilang kayaknya bisa ganti tepung meizena sama tepung sagu deh. Cuman ya gue blom coba sih wkwkwkwk.. selamat mencoba kalau begitu.

Kluay Tap Pisang Panggang Penyet Depan Pelabuhan Istana Thailand ala Gue

Bahan:
Pisang kepok yg masih setengah matang hijau kekuningan.

Saus:
Gula merah secukupnya
Santan kara 1 bungkus
Air secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Belah pisang dan potong potong kecil kecil trus dipanggang di atas penggorengan datar sampai sematang sesukanya deh. Agak agak hitam kecoklatan gitu. Trus angkat pisang dari pengorengan dan penyet-penyetin dan tata di atas piring.
2. Bikin sausnya: gula, santan dan air dimasak sampai didih trus masukin tepung maizena yang sudah dicairin sama air putih bening. Trus diaduk sampai didih dan kental.
3. Tuang saus keatas pisang Kluay Tap yang sudah dibuat dan jadi deh kluay tap ala alanya. Selamat menikmati, kalau gagal jangan lupa bangkit.



kluay tap ala ala
Kluay tap ala ala
Kluay tap ala-ala
Kluay Tap ala-ala
saus
Buat sausnya dari santan dan gula merah
saus
Sausnya Kluay tap ala ala
saus
Saus kluay tap ala ala
kluay tap ala ala
Pisangnya dipanggang di pengorengan karena gak punya buat bakar-nya
pisang
Dipotong-potong gini ya
pisang
Pisangnya yang masih mengkel tapi jangan terlalu mentah juga ternyata,gak enak sepet kalau kementahan

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan