Pelukis dari Spanyol, Diego Velázquez



Diego Velázquez, taken from https://en.wikipedia.org/wiki/Diego_Vel%C3%A1zquez


Ini bukan Diego temennya Dora loh ya, ini Diego Velázquez  pelukis asal Spanyol. Itu loh negerinya tarian flamenco. Jadi beberapa waktu lalu gue dapat email dari Margaret minta di promosiin tempat dia bekerja. Hooh yawis gue bantu lah ya tapi ya sebisa gue dong ya.. dan prok prok prok jadi apa?

Nah, Pak Diego ini pelukis istana resmi Raja Philip IV, Diego Velázquez dianggap sebagai salah satu seniman Spanyol terbesar. Dia mentransformasikan kekuatan pengamatannya yang tajam ke dalam potret saleh royalti Spanyol dan, pada puncak karirnya, Paus Innocent X. Terkenal dengan kemiripan penting dari rakyatnya, Velázquez menggunakan sapuan kuas yang bebas dan efisien untuk menyulap pemandangan yang sangat berat yang ditembus oleh warna yang mempesona dan hiasan. 

Karya besarnya adalah Las Meninas. Contoh klasik barok, lukisan besar itu menangkap seorang putri muda dan pelayannya memperhatikan orang tuanya, Raja dan Ratu, berpose untuk sang seniman. Velázquez meninggal empat tahun setelah selesai, namun pengaruhnya bergema baik pada abad ke-19 dan 20: ia memiliki efek formatif terutama pada Edouard Manet, dan menarik perhatian Pablo Picasso yang berulang. Tapi lukisan yang paling gue suka itu Prince Balthasar Charles With a Dwarf soalnya princenya keliatan imut-imut banget di lukisan itu

Diego hidup di Spanyol sekitar tahun 1599-1660 di Seville, Spanyol dan dia berbasis di Madrid, Spanyol. Nah kalau mau liat karya Pak Diego coba deh mampir kemari ya https://www.artsy.net/artist/diego-velazquez  di tempatnya Margaret bekerja. 



Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan