Nyobain Sedikit Terapi Tepuk Paida Lajin Dari China, Bikin Badan Segeran




Terapi Tepuk Paida Lajin, http://www.paidalajin.com/en/projectView/252?type=0

Beberapa saat lalu, gue ke rumah Mete dan ketemu sama mamanya. Mamanya bilang,” Ke kalau ada orang yang terkena serangan stroke. Ini ada cara cegahnya. Jadi dipukul pukul gini deh di area sepanjang tangan dan lengan jadi darah jalan lagi. Itu kata teman tante”. Gitu sih kata mamanya Mete. Tapi kok ya jadi mengingatkan gue sama pas tepuk-tepuk lengan pas lagi latihan Taichi ( salah satu senam/bela diri asal negeri China) waktu dulu ya. Jadi waktu jaman masih suka ikutan senam Taichi itu. Setelah atau sebelum latihan, suhu kami mengajarkan cara membuat chi kami aktif. Salah satunya dengan menepuk-nepuk bagian legan dengan tangan yang berseberangan bergantian dari atas ke bawah dan sebaliknya. Juga diantara jari jemari saling di gerakan dengan memasangkan dan mengerakkan (duh ini kalimatnya gimana ya njelasinnya tapi dua tangan kayak bersedekap  tapi bergerak pokoknya mirip senam anti stroke itulah). Nah kalau udah melakukan gerakan tepuk tepuk itu biasanya badan jadi enakan dan siap berolahraga atau selesainya badan jadi enakan.

Nah gue ketemu sama terapi Paida Lajin dari negeri China itu setelah iseng pengen tahu apa sih fungsinya terapi tepuk-tepuk lengan yang diajarkan sama nyokapnya Mete dan sama suhu Taichi gue pas lagi latihan Taichi waktu itu. Kalau iya mengaktifkan chi sih iya gue paham cuman apaan sih maksudnya. Nah ternyata di terapi Paida Lajin ini ada jawaban gue yang gue cari. Walau gak semua gue telen bulet-bulet juga. Gue tetap saring mana yang positive mana yang gak positive buat diri gue pribadi.

Dan o..okay ternyata dengan gerakan menepuk nepuk/ memukul-mukul bagian lengan tubuh itu kan jadi bergetar ya bagian tubuh dan yah.. itu membuat aliran darah gue lebih lancar. Rasa pegel-pegel hilang dengan segera setelah gue melakukan gerakan tepuk tepuk ini. Terutama di lengan kiri yang suka pegel dan bagian pundak sehabis ngetik lama. Cuman ya karena belum berani kenceng-kenceng dan kuat – kuat kayak di youtube pas pelaku terapi Paida Lajin melakukan terapinya, gue sih menepuk bagian kulit tubuh gue sekemampuan gue aja, udah berasa enak ya udah trus minum air putih deh. Enakan dan segeran deh badan gue.

nepuk nepuk pake paidanya gak ampe merah biru dah.secukupnya aja udah enakan :)


Gue agaknya belum berani sampai mencapai badan gue kelihatan merah-merah keungguan kayak kalau kita lihat hasil dari terapi Paida Lajin di google. Gue rasa emang itu mirip kalau kita kerokan/kerikan karena masuk angin ya kan kulit jadi kemerahan atau keunguan apalagi kalau anginnya yang kelamaan menetap di tubuh/ kedalon. Cuma ya itu ada juga beberapa kasus yang gue baca terkait dengan terapi Paida Lajin ini disebut sampai mengakibatkan orang meninggal dan bahkan menyeret nama baik si pendiri terapi Paida Lajin ini.

Nah maka itu, buat gue pribadi sih sebaiknya. Apapun namanya sesuatu yang berasal dari luar jangan deh bulet-bulet kita langsung telan. Gue menyarankan pakai yang baik, buang yang buruk dan gak masuk akal kalau menurut lo begitu sih. Jadi kalau dari awal gak yakin dan gak percaya ya udah, mungkin ada terapi lain yang lebih cocok daripada marah ngedumel dan akhirnya terapi gak berhasil lo marah-marah. Mending pakai yang lo anggap cocok lah buat hidup lo. Kan hidup itu pilihan. Nah gue sendiri pilih terapi Paida Lajin ini juga gak semua karena gue merasa dengan sedikit pun sudah cukup membuat gue bugar, karena emang itu yang gue cari.

Demikian juga dengan terapi bekam. Di dalam keluarga gue kan ada orang yang percaya dan ada yang gak percaya terapi bekam karena masih mengandalkan pengobatan medis yang biasa. Nah kalau gue sih tipe yang percaya terapi medis dan non medis. Jadi bekam gak masalah. Tapi gak juga setiap minggu gue bekam nanti darah gue habis, gue jadi vampire kan berabe itu ya hehe.. gak ding. Jadi menurut therapist BRC Pasarminggu tempat gue biasa bekam-an, kalau kita bekam itu baiknya dua minggu sekali aja, jadi tubuh kita ada istirahatnya. Baru deh kemudian kalau istirahat kita boleh bekam lagi. Kan tubuh butuh produksi sel-sel darah baru mungkin ya. 

Jadi saran gue sih. Kalau kita mau melakukan pengobatan-mencari jalan menuju kesehatan  terhadap diri kita sih, yakinilah yang kita anggap benar-benar baik buat kita, dengan mengetahuinya lebih jauh. Stay waras itu penting!!! Jangan terlena (apalagi ter-luna maya kan hehe). Karena kerikan/kerokan juga bisa membuat kita meninggal dunia kok. Sebab sakit yang sesungguhnya itu bisa jadi bukan hanya masuk angin tetapi bisa jadi karena penyakit jantung atau penyakit lainnya. Tapi ada juga yang mengunakan terapi kesehatan A dan cocok dan ada orang juga yang pakai terapi A gak  cocok, cocoknya di terapi B,C,D dan seterusnya.

Nah, gimana? Jadi mulai sekarang, selain terapi tepuk yang gue adopsi dari terapi Paida Lajin, Taichi dan Senam Anti Stroke, gue juga mau mulai olahraga lagi lebih sering (semoga gak cuman resolusi tahun baru lagi hahaha) dan ... Jus mana jus... jussss... 

Sumber
Foto Paida Lajin:
Buat yang mau baca-baca soal/kenalan terapi Paida Lajin bisa mampir kemari aja yah:
Bisa juga baca dalam bahasa Indonesia di tempatnya Bapak Mimuk ini:
Yang ini buat tambahan pengetahuannya ya:

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan