Nongki-Nongki Sore Bergizi Bareng GetCraft.com


Ini mas Syarif -Head Content GetCraft.com lagi nerangin soal GetCraft.com-nya

Yes! Kenapa bergizi? ya kamsudnya gue bukan soal bergizi buat tubuh (alhamdulillah masih gendut aja pake lemak) tapi ini lebih bergizi buat otak dan masa depan yang cerah ceria haha.. gimana gak ya. Gue diundang GetCraft.com beberapa waktu lalu, gue lupa ama siapanya mah. Tapi kok kayaknya menarik ya dan semacam butuh insight baru yawis, tenggok tenggok di meet up-nya GetCraft.com mereka siapa aja yang hadir, hmm.. ya di approved aja siapa tahu rejeki anak sholeh. Tempatnya di Rework coworking space gitu di FX Senayan. Itu masuk Jakarta Selatan apa Jakarta Pusat ya? Mboh lah ya pokoke FX gitulah gue tahu rutenya dah.

Cuman ya persiapan jalan ke sono tuh sungguh sesuatu banget deh. Ceritanya nih pengen tampil kerenan dikit dah, gak berkeringetan, jadi bawa mobil ke parkiran busway Ragunan dan berniat naik bus TransJakarta. Didukung cuaca yang hampir mendung, ya udah dong ya jalan deh kita ke arah Ragunan dengan pedenya. Tapi nyampe depan gerbang, berhubung gue datang ke situ jam 16:30 sekian si bapak satpam gak ngebolehin gue masuk ke parkiran karena udah tutup dan disarankan gue ke parkir ke parkiran busway yang sebelahnya. Tapi gue ragu akhirnya gue jalan terus aja ke arah PasarMinggu, tapi eh galau gue balik lagi Ragunan dan datangin parkiran busway yang disarankan pak Satpam sebelumnya. Dan tapinya malah si pak satpam satunya lagi kasih tanda gak bisa parkirin mobil di tempat dia. Dan penonton kuciwa gak bisa naik bus TransJakarta deh karena dua parkiran Ragunan ternyata gak bisa buat nginepin mobil dari sore hari hiks..hiks... 

Yawis balik maning, deuh mana cuaca makin mendung dan tahu kan jalanan belakang Ragunan jam segitu tuh pasti muacetttt panjang. Dan karena waktu menunjukkan jam yang sudah gak mungkin ke kejar sama gue buat naik transportasi umum sementara mikir gak mungkin juga nitipin mobil di sana sini, akhirnya gue bawa mobil ke arah FX. Lewat Citos yang muacetnya amit-amit, motong lewat jalan yang ada sekolah Dwi Matranya trusss sampai deh keluar di dekat jalan layang Pangeran Antasari. Berhubung udah gelap dan pas masuk waktu Magrib, gue sempet sholat magrib dulu di Masjid yang cantik itu loh yang ada di deketnya dibawah jalan layang P.Antasari situ. Udah sholat, tenang trus jalan. Dan alhamdulillah jalanan kosong melompong haha.. sementara jalanan di sebelah gue itu keliatannya padat merayap.

Lanjut trus, macet dikit di sekitar bunderan senayan mah masih bisa deh kejar. Trus parkir di basementnya FX Senayan. Cuz nanya pak satpam dimana Rework--tempat nongki-nongki bergizi itu berada. Lanjut ke lantai tersebut. Nyampe situ huwooowwww... udah rame yang datang. Hihi gue datang telad euy. Pas daftar gue sempat disuruh ngisi apakah gue punya profile getcraft.com kah, cuman ya gitu gue lupa kapan gue isinya, udah lama banget. Jadi ya gue berharap passwordnya masih inget dah. Dan syukurnya gak setelad yang gue duga, karena ada juga yang baru datang.

Mas Syarif lagi nerangin soal panel-panel di GetCraft.com gaya baru
Diskusi kali ini mempertemukan beberapa creator yang udah duluan gabung di GetCraft.com kayak mbak Glo (writer), Mas Arief (desainer) dan Mas Acel (fotografer) dan mereka udah pernah ngerasain dapatin client dari GetCraft.com sementara ada juga creator yang baru atau yang emang udah pernah masuk di GetCraft.com. GetCraft.com itu dulunya bekerja sebagai penengah diantara creator jadi semacam kayak agency gitu kerjanya ( hooh dah ah mantan anak ahensi mah kagak jauh-jauh jatuhnya ke situ-situ juga) cuman sekarang kayaknya berubah pola ya. Mereka ngebantuin kita para creator untuk bisa lebih dekat sama calon client atau client andalan kita. Syukurlah, kata Bu Hajah Sherry, sahabat SD gue, yang kata-katanya selalu gue inget adalah,” Ri’ apa aja kalau niat pake baca bismillah itu inshaallah ada aja jalannya”. Itu sampai mati gue bakal inget, walau bahan bahasannya itu diet makanan buat nurunin berat badan ( its work with her hehe.. gue masih otewe nurunin berat badan nih hahaha) tapi kata-kata Bu Hajah Sherry itu selalu gue inget. Makasi ya Sherry. Kata-kata motivasinya, ahh.. Bapak Mario Bros aja mah kalah deh.

Okeh kita balik lagi ke GetCraft.com nih sodara-sodara. Jadi mereka nih punya 3 poin penting yaitu pengen Change Brand, Change Media dan Change Work. Soalnya tahu sendiri kan, kadang kita nih para creator dipekerjakan sama agency dengan bayaran minimalis tapi kerjanya kudu maximalis kadang kudu super duper maximalis ( di dunia freelancer sepertinya hal ini sering terdengar ya, gak cuman dunia kreatip tapi dunia persilatan macam dunia penelitian juga dah hahaha). Jadi yang gue ngeh sih, dengan adanya GetCraft.com tuh, kita para creator (pekerja seni macam penulis, influencer, disainer atau fotografer) bisa jualan dengan lebih manusiawilah urusan pekerjaan kita apalagi soal bayaran kitalah. Gue ngertilah ahensi kan kadang ada yang baek tapi ada juga yang curang, mereka markup gede buat companynya. Iya sih gue ngerti, cinnnn kita gini gini kan mantan anak ahensi yak. Gue ngerti beratnya kerja di ahensi juga, gue tahu tanggung jawab kalian hey hey..you there. Jadi ya semoga aja GetCraft.com semakin memahami kami-kami para creator yang menjelajah single fighter maupun keroyokan buat mencari sesuap dua suap  nasi di belantara dunia ini. Halah...

Kalau kata Mas Acel, salah satu narasumbernya ketemuan Getcraft.com kali ini yang udah pengalaman di bidangnya, penting kerja kayak kita tuh untuk mengunakan sosial media buat promosi barang dagangannya dia ketimbang buat nyinyirin orang atau mejengin jalan-jalan plesiran doang. Heeh ya mas bener juga ya daripada nyinyir mendingan kita mikirin masa depan cerah ceria yes gak tuh. Abis kan orang nyinyir di muka bumi ini pasti ada aja, macam orang paling bener di di dunia ini aja wkwkwkwk... (sekarang gue yang nyinyir nih ahahhahaha..).

Selain mengunakan sosial media untuk media promosi barang dagangan kita, mbak Glo yang writer dan pernah menangani pekerjaan annual report perusahaan alat berat serta bergerak di dunia data, mbaknya memberi saran supaya kita delevery pekerjaan tuh ontime ama deadline client kita, sebab dengan terpercayanya kita ontime sama deadline bu-pak client, itu bikin repeat order datang lagi dari client kepada kita. AAAAaaammmiiiennn ya robbb.. 

Cuman ketiganya pesen tuh supaya kita berhati-hati juga sama kontrak, ya kalau mas acel ada yang merasa perlu mengikhlaskan mereka yang berhutang tapi ada juga yang perlu di kejar, hal yang sama kayak mas Arif juga begitu kejar terus kalau billnya gede mah. Cuman kalau gaya mbak Glo lebih rapih, dengan memberikan term waktu pembayaran kepada client yang sesuai dengan kontrak kerja. Pakai invoice jadi jelas deh keluar masup duidnya. Bukan cuman harga temen doangan, atau gaya temenan lah tar sok bayarnya eaaa...dia kira laptop kagak butuh listrik, dia kira kita gak butuh biaya modem, dsb. Jadi ada beberapa solusi yang bisa diakalin termasuk bayar setengah didepan baru setelah pekerjaan selesai bayar lagi itu client. Jadi sama sama enaklah.

Selain berhati-hati sama kontrak pembayaran, mereka juga kasih trik buat kita-kita nih. Agar mau menemukan keunikan kita yang lebih spesifik agar gampang dicari calon client kita. Jadi di dunia yang penuh persaingan ini kita dapat mengetahui bahwa kita walaupun kecil mungil bisa juga menang di pasaran yang rame banget ini eayaaa... macam Daud/David lawan Goliath/Raksasa. Selain melatih dan mengasah kemampuan, Mbak Glo dan Mas Arif juga pesan agar kita Percaya Diri dengan gaya kita, juga penting buat bisa beradaptasi sebab kan client itu buanyak banget dan beda-beda. Gitu sih.

Cyinnn dengerin mas Syarif -Head Content GetCraft.com dan pembicara biar masa depan cerah ceria haha..

Nah pulangnya gue dari FX sempet nyasar dong jauh sampai ke deket Shangrilla Hotel situ haha.. tapi syukurnya dengan gue jalan lebih jauh, jalanan yang gue lalui udah lebih lowong bahkan ketika sampai ke jalan layang P. Antasari. Jadi ya gue berkontemplasi dalam perjalanan tuh, well gue jalan memang lebih jauh dan muter muter dulu gak kayak orang lain tapi hehe.. jalan gue lebih lancar pas pulang ke rumah.

Eitss ini belum berakhir loh. Jadi itu setelah usai pertemuan di Rework FX Senayan. Paginya gue langsung coba ngebuka GetCraft.com. Cuman itu dia, gue lupa password. Syukurnya atas saran Mbak Nila di GetCraft.com malam itu, gue bisa langsung chattingan sama Mbak Bleki di Networknya GetCraft.com dan password gue selamet hehe. Jadi deh gue gak perlu registrasi lagi dong. Dan alhamdulillah gue udah bisa buka profile gue di GetCraft.com. Dan gue lagi nunggu lagi di review sama GetCraft.com nih. Semoga udah cepet di approved dah yak bahan dagangan tulisan gue. So gue bisa berdagang di GetCraft.com. Cuzzzz...

Mampirrrr mari  GetCraft.com ...




Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan