Memahami Kanker Thyroid dan Keganasannya




Dr.Benjamin di "Kenali Thyroidmu Waspada Keganasan Kanker Thyroid” di Mang Engking Resto The Breeze BSD"


Beberapa hari lalu gue hadir di acara seminar” Kenali Thyroidmu Waspada Keganasan Kanker Thyroid” di Mang Engking Resto The Breeze BSD, Jumat (02/02/2018) yang disponsorin sama Mayapada hospital. Sebenernya gue tertarik datang ke acara ini karena kan Papah pernah juga kena kanker Thyroid dan sempat sembuh, sebelum akhirnya meninggal karena kanker colon dan diabetes. Dan yeahh.. kedua orangtua gue kan meninggal karena kena kanker, jadi setiap ada apa-apa yang berkaitan sama kanker itu bawaannya gue pengen tahu ajah. Soalnya ya kali aja gue bisa mencegahlah minimal, kalau emang gak bisa, yah paling tidak gue paham bagaimana sih kanker itu.

Jadi setelah menyetir ke arah BSD, akhirnya sampai di the Breeze yang ternyata sama kawasan bisnisnya kantor Unilever tempat kemarin gue datangin pas acara tentang CSR, daur ulang dan penanganan sampah di Indonesia hehe.. nah setelah sampai di depan pintu gerbang kan kita dicek dulu tuh. Nah si bapak satpam kasih clue nanti mang engkingnya ada di sebelah kiri, masalahnya gue kebablasan dan akhirnya harus muterin the Breeze lagi. Hodoh. Tapi tempat ini kan cantik jadi ya gue agak terhiburlah.

Yang dengerin seminar

Dan datang gue ke Mang Engking resto ini. Setelah mendaftar dan cari tempat duduk akhirnya setelah beberapa menit datanglah dokter pembicaranya. Nama dokternya Dr.Benjamin Sastro, Sp.PD. Dokter Ben ini bekerja di Maya Pada Hospital di Tanggerang. Hmm.. padahal malamnya gue abis nenggokin adek gue si Izza yang lagi sakit usus buntu di Maya Pada Hospital Lebak Bulus. 

Ok kembali ke seminar kesehatannya dokter Ben ya. Jadi menurut dokter Ben, ternyata kanker thyroid itu termasuk kanker yang ga liar, alias gak suka nyebar keliaran kemana mana kayak kanker payudara yang suka tiba tiba udah nyebar kemana aja di dalam tubuh. Kanker thyroid itu dibilang dr.Ben lebih mirip anak rumahan. Maunya disekitar situ aja. Cuman yaaaa kalau udah ganas mah. Bisa aja nganterin kita ke pintu dunia lain kayaknya dah. 

Lihat seminarnya Dr.Ben di "Kenali Thyroidmu Waspada Keganasan Kanker Thyroid”

Tapi sih ada beberapa jenis kanker thyroid diantaranya Karsinoma Papiler, yang paling umum, biasanya mempengaruhi wanita dibawah 40 tahun dan Karsinoma Folkuler,yang biasanya terjadi pada orang-orang yang sudah berusai lanjut. Nah kanker thyroid juga disertai dengan beberapa gejala diantaranya sakit tenggorokan, susah menelan, suara menjadi serak dan tidak membaik dalam beberapa minggu, rasa sakit pada bagian leher, bengkak kelenjar getah bening.

Nah buat udah yang ngerasa gejala kayak gini coba datangi deh dokter yang memang terpercaya. Kalau menurut dr.Ben ada beberapa cara untuk deteksi kanker thyroid ini. Pertama dengan cara mendeteksi secara manual apakah ada benjolan menganggu (benjolan kanker thyroid ini bisa yang isinya air, isinya kayak lem dan yang paling serem katanya yang benjolannya padat) trus ada yang pake alat usg, sama pakai cairan yang disuntikkan ke dalam tubuh pasien dan ada lagi yang pake scan yang besar itu loh untuk mengetahui kanker ini udah seberapa ganas/stadiumnya lebih detail. Di beberapa rumah sakit besar seperti Maya Pada Hospital kemungkinan peralatan medis canggih ini sudah ada cuma kalau di rumah sakit kecil..hmm..mungkin lebih baik ke RSCM, Darmais atau RS pemerintah yang memang komplit alat deteksi kankernya kali ya.

Alat deteksi kanker


Nah soal pengobatan CA yang satu ini mah ada beberapa juga. Kalau papah kan mix medis dan pakai shinshe dan sempat sembuh. Ada juga ibu-ibu pasien yang ikut seminar ini bilang, setelah operasi thyroid dia harus minum obat seumur hidupnya. Menurut dokter Ben sih itu karena kan thyroidnya udah diambil jadi untuk gantiinnya jadi melalui obat itu sehingga gak terganggulah sistem dalam tubuhnya. Nah kalau pengobatan lain ya kemo. Tapi ya itu kalau operasi yang kita perhatikan sebagai pasien adalah jangan sampai para tiroid yang kecil dan berada diantara thyroid kita ikut keangkut, soalnya itu malah yang penting fungsinya dan kalau para tiroid kita ikut kebawa dalam operasi bedah wahh.. bisa bahaya ke tubuh kita. Gitu sih seinget gue. Ya, segini dulu ya. 




Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan