Ngomong-ngomongin Soal Pengobatan Ginjal di RS Permata Sawangan Depok


Seminar Anemia pada Pasien Ginjal RS Permata Sawangan Depok bareng Dr Yacob dan Bang Toni Samosir

Jadi kemarin itu sabtu pagi (27/01/2018) habis nganter kakak ke sekolahnya ponakan gue, meluncur gue ke RS Permata Depok Sawangan situ untuk datang mengikuti seminar tentang Anemia pada Pasien Ginjal. Awalnya gue rasa kagak ngerti, apa sih maksud dari anemia pada pasien ginjal ini. Tapi gak perlu lama ternyata anemia itu bisa jadi efek yang diderita juga oleh pasien ginjal, apalagi kan mereka udah sampai perlu cuci darah segala. Ini diskusi yang mengingetin gue betapa bersyukurnya gue punya badan yang masih diberi kesehatan walaupun udah obesitas banget hehe.. tapi denger para pasien ginjal bertanya soal penyakitnya kepada dokter Yacob Alexander yang menjadi pembicara di seminar ini itu sesuatu banget. 

Betapa mereka ingin sembuh, betapa tidak nyamannya ketika kenikmatan sebagai manusia yang utuh mulai berkurang, tapi walau begitu para pasien ini tetap mau berusaha untuk bisa mendapatkan pengobatan yang baik sehingga bisa punya extra waktu untuk bisa meneruskan hidup ini. 

Para pasien dan anggota komunitas KPCDI di RS Permata Sawangan Depok


Yang juga menarik pas bahas transplantasi ginjal sama Bang Toni Samosir, salah satu pasien transplantasi ginjal yang alhamdulillah bisa bertahan sampai saat ini dengan ginjal transplant pemberian istrinya. Ngomong-ngomongin transplant gue selalu inget sama Selena Gomez yang mengunakan ginjal transplant dari sahabatnya, karena Selena terkena penyakit Lupus. Buat gue itu bukan hal yang mudah ya. Tapi dengerin Bang Toni ini gue jadi semangat, soalnya kan Bang Toninya semangat banget, dan  bahwa walaupun sakit ginjal tapi masih banyak jalan untuk bisa meneruskan hidup. Tapi kata Bang Toni nih, ginjal lama dia tetep ada loh di dalam tubuhnya cuman yang transplant dari istrinya itu ada di rongga dekat perut dan kalau istrinya lagi marah atau kesal itu Bang Toni jadi bisa ngerasain ..eaaa...so sweett deh Bang Toni dan istri hehe.. kata dia juga nih tentang transplantasi ginjalnya," Amazing kayak dilahirkan kembali". Dia bahkan kini sudah bisa naik turun tangga buat ngantor dan bisa nyetir jarak jauh. Yah itu berkat transplantasi ginjal dari istrinya. Cuma ya semua musti ikhlash dijalaninnya baik yang mau ngedonor maupun yang menerima. Dan gue belum cek sih kalau dalam agama Islam ini boleh gak ya Soalnya kan pakai anggota tubuh orang lain, lah terus kalau kita meninggal hukumnya gimana ini? hmm kita musti nanya pak ustadz dulu deh kayaknya yang lebih tahu agama Islam. Well semoga aja hasilnya positif ya.

Bang Toni Samosir, pasien ginjal yang udah  operasi transplantasi ginjal di Indonesia

Yah walaupun ada beberapa kebijakan kesehatan di Indonesia yang perlu diperbaiki tapi denger operasi transplantasi bisa pakai BPJS kayaknya itu, Ya Allah ini bisa buat bantu sodara-sodara gue  ya yang ingin sembuh ya.. ingin sehat ya... Ya doa gue mah gak muluk dah. Semoga ke depan Indonesia juga memperhatikan orang-orang tua dan pemuda Indonesia yang menderita sakit ginjal agar tetap bisa punya semangat hidup yang tinggi. Tapi yang pake BPJS ya memang kudu bersabar karena kata Bang Toni itu yang waiting list buat operasi gak sedikit jadi pasien pun harus sabar nunggu. Belum lagi pendonornya harus disiapkan secara matang, bukan dari sembarang donor dan harus ada pengecekan sebelum dilakukan transplantasi ginjal ini baik secara fisik, mental/psikologis bahkan nih juga forensik soalnya kan ada cerita tentang jual beli organ manusia duhh amit amit dah gue ngeri dengernya.

Denger-denger sih masalah yang bikin sakit ginjal makin parah ya, kalau pasiennya itu secara psikologis/mental udah drop duluan. Padahal sesungguhnya mereka masih bisa untuk meraih kata sehat, yah walau gak seperti sedemikian rupa tapi paling tidak mereka tetap bisa punya harapan hidup. Gue rasa sih bukan cuman pasien ginjal aja ya. Mungkin semua orang deh. Psikologis kita emang perlu kita jaga sehingga tetap membuat kita mampu bertahan di kondisi apapun. Salam sehat ya semua.






Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan