Itikaf di Masjid UI - Depok




Masjid UI di kampus UI Depok yang selalu di hati

Kemarin hari Sabtu  (27/01/2018) sampai Minggu pagi (28/01/2018) itu gue iseng ikut Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit)-nya alias itikaf yang diadain sama shafa community. Awalnya gue ragu ini terbuka apa untuk umum atau gimana tapi wis hajar bleh, emang pengen nyobain itikaf rame-rame. Habis sejak itikaf-an di Masjidil Haram kok rasanya enak banget ya hoho..jadi keterusan ini. Haha kecanduan drugs atau game udah terlalu mainstream kayaknya gue terkena kecanduan itikaf ini hahaha. 

Nah abis daftar di eventbrite kan dapat email trus pas hari H gue datang ke TKP di Masjid Ukuwah Islamiyah (UI) di kampus UI, Depok. Syukurnya itikafnya kali ini di kampus almamater tercinta sendiri dan gak jauh dari rumah jadi syukurnya lagi deh gue gak perlu ribet ribet  bawa berendong petong. Pulang nganter seminar kemarin gue bobo siang dulu di rumah kakak. Yipa, ponakan gue sama Alfan, sepupunya lagi nonton berduaan mereka. Yawis cuz gue ke UI Depok menjelang sholat Magrib. Kata mas-mas pendaftaran, yang ikutan sampai 200 orang, cuman yang perempuan cuman 15 orang. Hiyaaa... tapi dengan semangat pantang mundur dan udah niat mau bobo di masjid mah segitu gak ada apa-apanya ketimbang bisa sholat tahajud khusyu dah. 

Nginep disini dulu ya di Masjid UI Depok


Magrib masih rame dengan yang pada sholat di ruang sholat perempuan. Isya mulai sedikit laskar itikaf yang tersisa di ruang perempuan dan sehabis isya jumlahnya semakin menciut. Yang terlihat tertidur di lantai atas bisa dihitung hanya sebelah tangan alias cuman 4 orang saja eh sama yang bawa anaknya berarti itu keitung 5 orang ya (maksudnya ama anaknya jadi deh kita semua 5 orang). Jadi pas si bapak penceramah (yang kayaknya orang dari partai PKS+Dosen UI juga kalau liat di internet sih) Bapak Arief Munandar ini ceramah, gue mulai terkantuk kantuk walau si bapak ngomongnya semangat banget dan tempat laki-laki tuh rame banget kedengeran tapi mata ini kayak kegandulan gajah, udah hujan turun deres. Suatu suasana yang ciamik untuk terlelap dalam bobo diatas karpet hijau masjid ini. Masjid yang setia menemani saat suka maupun duka waktu pas kuliah haha.. tempat bobo siang selain musholla fisip UI. Dan gue udah kagak tahu lagi dah itu, terakhir lihat mbak-mbak disamping gue yang lapak bobo di karpet sajadah panjang hijau itu udah juga terlelap. Gue pun terbobo saat si bapak penceramah masih ngomongin Indonesia dan pentingnya umat Islam untuk ikut kasih suara di Pemilu ntar.

Bangun-bangun mata gue udah ngerasa sebagian lampu di lantai atas udah dipadamkan. Suasana semakin hening karena karena pada istirahat dulu. Lah abis bangun ini gue sempet zikiran sebentar trus bobo lagi trus jam 2 an gue turun karena pingin pipis dan wudhu lagi. Di bagian Ikhwan kayaknya udah pada gelaran bobo dah. Gue kira sholat tahajud sendiri-sendiri, yawis gue mah sholat dong, gak tanggung tanggung 4 rakaat (dua rakaat sambung dua rakaat) trus berhenti zikiran, yasinan dsb trus nyambung lagi 4 rakaat trus 2 rakaat dan witir. Dan gue bobo lagi. Tapi alarm gue bunyi jam 3, gue pan ngerasa udah cukup dah tadi sholat tahajudnya tapi gak lama gue dibangunin mbak Jannah ( peserta itikaf yang ikut suaminya, suaminya itu ikut shafa community juga). “ Mbak mau ikutan tahajud bareng gak?”, gue ya kaget dong lah tadi gue udah, tapi gue bilang semoga gue kuat dah.” 11 rakaat mbak”, makin senewen gue, kuat gak ya tapi dengan niat bismillah dan inget-inget kalau gue udah niat itikaf hari ini di masjid UI ini jadi wisss kita hajar bleh mari dah kita nemuin Yang Maha Punya lagi ya.

Tapi ternyata sholat tahajudnya enak banget, Pak Imamnya baca surat Al Quran dalam sholat-nya merdu banget kayak di youtube-youtube itu, tapi tetep lebih keren imam Masjid Nabawi favorit gue  siapalagi kalau bukan Sheikh Ahmed Taleb bin Hameed the one and only hehe.., tapi alhamdulillah imam UI ini juga gak bikin ngantuk juga gak bikin pengen bobo lagi sih, malah bikin semangat. Walau pinggang udah senut-senut tapi karena ada jeda per 2 rakaatnya jadi bisa terusss lanjut. Alhamdulillah sih lancar jaya. 11 Rakaat lancarrrr...Yes yes yes.

Habis itu dilanjut sholat Subuh. Nah habis sholat Subuh inilah yang parah, mata gue gak bisa kompromi lagi dan minta tidur. Jadi gue izin ama mbak Jannah mau ngelanjutin tidur, gak dengerin lagi ustadz satu lagi ceramah Subuh soalnya tepar booo... dan gue bobo sampai gue baru sadar banyak akhwat yang udah pada berdatangan.  Sekitar pukul 6 lewat berapa gitu. Kata Mbak Jannah jadi kan pagi itu ada kajian smart parenting itulah yang dikejar Mbak Jannah. Gue mah udahan dah. Gue bangunin mbak Jannah yang bobo juga tapi karena dia masih terlelap banget jadi gue urung bangunin lagi kesianan lagi nyenyak-nyenyaknya bangunin orang mah. Jadi gue cabs deh. Pulang ke rumah. Gitu deh itikafnya kali ini.




Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan