Semua yang gemerlap itu, tak selalu indah seperti kenyataannya...


 
Gemerlap? bangga? Ntar dulu... via broadly

Beberapa hari lalu gue nonton di Youtube RT news dari Rusia  itu awalnya tentang pernikahan dini orang-orang romania yang dijodohkan sejak masa remaja terus malah jadi nonton tambang mica di India judulnya "The Ugly Face of Beauty: Is Child Labour Foundation for Your Make Up" dan soal pekerja anak yang ada di tambang mica. 


Miris ya seperti keindahan di muka bumi ini dijual belikan lewat wajah wajah mungil yang harus juga menghirup serbuk mica yang katanya berbahaya buat paru-paru kalau denger penjelasan dari youtube RT news itu tentang mica, katanya bisa mengakibatkan kanker paru atau sakit paru apa gitu.. Di cerita sebelumnya gue juga pernah nyinggung soal pekerja anak di Afrika yang menambang cobalt supaya batere HP kita tetap nyala https://theadventuresofrumputlaut.blogspot.co.id/2017/11/kisah-getir-bocah-bocah-penambang.html.



anak-anak di tambang mica via terredeshomes.nl


Sementara umur segitu mah gue lagi seneng-senengnya main sama tetangga sebelah atau sama temen-temen sekolah gue dah.



Mica sebagai bahan tambang mineral ini usai diambil dari tambangnya di lorong-lorong sumur diangkut ke desa dan disortir. Yang nyortir diantaranya ya bocah-bocah ingusan, yang katanya sih terpaksa ikut kerja orangtuanya karena di rumah gak ada yang jagain.



Huuh sih, tapi yaelah masih usia balita dibawa juga buat kerja. Mungkin disatu sisi niatnya bagus sih ngajarin si anak belajar nyari uang tapi kan namanya bocah ingusan seupil gitu yak. Itu  belum waktunya, mbok ya mamak bapaknya aja yang kerja gila-gilaan. Anak gak usah diikutin gitu loh. Kan ada cara ngajarin anak kerja dengan cara yang lain. Gemes gue.



Selain mica yang katanya buat makeup kayak eyeshadow dan gemerlap-gemerlap di muka, mica juga ada yang digunakan untuk industri lain ( gue lupa wakakak). Kalau yang di video RT news itu micanya setelah selesai ditambang dibawa lagi ke pengepul rumah pengusahanya.disana disortir lagi untuk di ekspor baik itu ke Jepang maupun ke Cina. Dari dua negara itu entah dibawa kemana lagi. Yang jelas itu sampai berkarung karung.

gemerlap? bangga? via techcrunch.com


Dimana sekali lagi, seperti kata bang Rhoma Irama.. yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Pengusahanya sih terus jadi kaya nah penambang mica-nya?



Sudah semestinya pemerintah India juga memperhatikan nasib bangsanya. Negaranya. Apalagi yang miris para pekerja tambang mica gak tahu kalau mica itu digunakan untuk eyeshadow. Sedih dah.



Gue  gak bilang negara kita Indonesia paling bagus. Wong, gue denger pas di kalimantan waktu itu, para penambang emas liar yang kerja di hulu kalau turun ke kecamatan kan belanja atau keluarganya rame-rame nih belanja makanan persediaan buat nambang di hulu. Jadi menu makanannya itu nasi diaduk-aduk ama teri asin mentah diaduk-aduk dalam aqua botol terus jadi makan siang mereka para penambang. Hedeuhhh ini aja nyeri dengerinnya gue. Hallooo...Pak Bu pemerintah Indonesia dan India dibantu ya warganya. 

 
anak-anak di tambang mica via newsgram



Sementara kita di kota berbangga bangga bisa pakai emas, eyeshadow yang berwarna warni dan di antah berantah sana ada yang nangis karena perutnya terasa lapar dan ngejerit dalam hati karena makanannya kurang gizi.



Selain mica, cobalt, emas, juga berlian dan ini terakhir gue baca soal glitter yang gemerlapan yang juga bisa mencemari laut dan mahluk-mahluk di lautan. Soalnya microplastic dari glitter kan disangka ikan makanan nah gak tahunya bukan. Dan ya tahu sendirilah keadaan itu ikan. Kalau gak sakit ya mati.



Dan adalagi nih masih kaitannya sama sesuatu yang gemerlapan,yang paling aneh dan yang menurut dokter belum tentu baek buat kesehatan kita,  glitter bomb buat miss v kita. Ealah.Ini dapat infonya dari elleuk.com. Jadi di sono ada yang jualan kapsul khusus yang membuat miss v jadi gemerlap oleh glitter. Entah di bagian mananya dah itu. Baca dari produknya sendiri aja dah disini: https://www.prettywomaninc.com/


kapsul glitter buat miss v via bbc


Nah menurut dokter nih. Dr Vanessa Mackay mengatakan kepada The Independent, 'Vagina mengandung keseimbangan bakteri baik, yang ada untuk melindunginya. Jika wanita menempatkan benda asing di dalam vagina mereka, mereka berisiko mengganggu keseimbangan ini yang dapat menyebabkan infeksi, seperti vaginosis bakteri atau sariawan, dan pembengkakan. '

glitter via elleuk.com

Sementara itu, pakar lain Dr Jen Gunter telah menjelaskan bahwa efek sampingnya bisa seperti, 'vagina terbakar matahari'. Jadi, tolong para wanita, jangan menaruh glitter ke bagian pribadi Anda. Jika sesuatu itu hanya akan membuat sedikit berantakan, dan mungkin memberi Anda infeksi jamur.


Mereka si pembuat kapsul glitter buat miss v itu sih mengklaim produknya gak bermasalah buat kesehatan. Tapi kalau sampai pipis dan pup kita jadi penuh kilau glitter. Lah, kita ini manusia atau tokoh kartun gitu? Yang sampai pup aja penuh dengan gemerlap sukacita...eyyaaaa...wkwkwkwkwk

BAB/PUP Glitter? via georgefm.co.nz


Deuh sekarang gue jadi agak ati-ati nih, maksud gue jadi kepikiran mau pakai apa-apa. Ini tuh baik gak sih buat gue, baik gak sih buatnya, mengecewakan semua orang gak sih. Hayooolah daripada buat pamer-pameran mending ditanyakan dulu asal usulnya. Biar jelas dan gak merasa bersalah pas makenya. Buat kita dan orang lain. Cieee so sweet so wise banget yak lo rik. Lah iya. kalau gak gini, gue rasa bersalah banget kalau gue udah tampil gaul abis gak tahunya gue sama aja ngebunuh sodara gue di ujung sanah. Tetap jadi konsumen waras!

Jadi nih semoga aja apa yang gue pake gak bikin lo sakit ya.
Stay waras!







Sumber:





http://www.georgefm.co.nz/home/our-news/news/2017/07/gynaecologists-are-warning-women-to-stop-putting-glitter-in-thei.html
https://www.aol.com/article/2016/08/05/deaths-of-child-workers-in-indias-mica-ghost-mines-covered-up/21445899/
http://www.bbc.co.uk/bbcthree/item/fe30efb0-0b61-44f5-ac4f-41084820f7ad
https://www.theodysseyonline.com/modern-day-slavery-the-danger-beneath-the-eyeshadows
https://techcrunch.com/2015/10/06/gilt-job-cuts/
https://www.terredeshommes.nl/en/programmes/stop-child-labour-mica-mines
https://www.newsgram.com/do-not-buy-mica-from-child-workers-appeal-indian-officials/


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan