Micin, Mie Ayam dan Kayak Apa Pabriknya Penyedap Rasa




MIE AYAMMMM foto: Rike

Tahukah kaitan micin dan mie ayam dan pabrik penyedap rasa? Hooh gue beberapa hari lalu ( selasa 12/12/2017)  abis kesel ama orang kelurahan yang ngilangin berkas dokumen gue yang udah berapa lama gue harus pontang panting ngelengkapinnya dan dinyatakan hilang setelah gue kasih di hari kamis lalu. Dia malah minta dokumen fotokopian ama gue. Yah gue lapor kakak ipar gue lah. Untung kakak ipar gue mau bantuin. Dan si ibu minta maaf tapi ughhh.. sakit hati lah.

pangsit kuah foto:rike


Gue gak tahu ya, kalau gak ada kakak ipar gue. Gila ya. Ptsp bawah udah confirm seluruh data lengkap eh sampai diatas gak dikerjain dengan baik alasannyaaaa... hilanglah, cuti lah, apalah.. kok bisa ya?? jelas gue liat meja si ibu berantakan surat-surat numpuk. Duhh, pak Gubernur Anies tolong dong.. beliin si ibu folder ngapah biar semua surat menyurat dokumen penting rapih terdeteksi. Semua kan itu pentinggggggg. Hiks...capek lagi ngurusinnya.


mie ayam ples pangsit kuah di tugu depok situ pengilang kesel foto:rike

Jadilah makan mie ayam gue. Ama pangsit kuah sekalian. Dan gue tahu ini pake micin. Iyes, yang dimana beberapa bulan lalu gue khawatirin. Tapi sekarang udah gue gak gue patuhin lantaran di lapangan susah makan yang gak pake micin, penyedap rasa atau vetsin. Bodo amat dah. Masalahnya susah hari gini di lapangan nyari makanan tanpa micin. Jadi ya dinikmati saja asal jangan kebanyakan iya kan.

Masnya lagi ngejelasin soal Masako foto:rike

Nah, kemarin tuh gue ikutan mama-mama blogger ke pabriknya ajinomoto masako dan saori. Disana kita diajak liat cara pembuatan micin dan masako dan saori. Sempat nanya sama pak yanto orang pabrik ini itu kok bahan bakunya bukan ayam, bawang, atau rempah asli bentuknya udah jadi tepung atau bubuk; kata si bapak kalau untuk saori saus tiramnya didatangkan dari vendor yang berasal dari luar Indonesia. 


Pabriknya Saori foto:rike


Kata dia memang di Indonesia banyak penghasil kerang/tiram tapi belum ada yang menyanggupi kebutuhan pabriknya. Jadi ya terpaksa mereka beli dari luar. Sedangkan ayam dan bumbu-bumbu dibuat di pabrik satunya di Mojokerto Jawa Timur. Karyawan yang bikin masako juga harus bersih, mau pipis aja musti bolak balik ganti baju khusus untuk kerja. Begitu juga mau minum. Buat pengemasan banyakan cowok baru pas quality control ada cewek-cewek yang lebih teliti.

Pabrik Ajinomoto, Masako, Saori foto:rike


Habis keliling pabrik kita dikasih tahu sama ahli gizi dari pihak mereka kalau MSG tuh bukan pencetus penyakit seperti yang disounding di media. Menurut mereka penyebab kanker dan penyakit lainnya, ya pola hidup yang ga bener, makan jajanan sembarangan, minyak goreng yang dipakai berulang kali. Yang ga menjaga pola makan 4 sehat 5 sempurna. Takaran msg perhari yang baik juga gak banyak cuman ¼ sendok teh aja. 

mas humas ajinomoto lagi njelasin di depan mama-mama foto:rike


Kalau kebanyakan yaaaa...emang mau bikin apaan sih? sayur micin? gak usah lebay deh yang penting itu cukup, kan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Cieee... rike bijaksana.




Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan