Saudi Arabia buka sekolah setir mobil untuk perempuan



 
perempuan menyetir mobil via yourmiddleeast.com

Dari yourmiddleeast.com nih, katanya media online ini sebuah universitas di Arab Saudi mengatakan bakal membuka sekolah mengemudi untuk wanita, yang pertama untuk negara ultra konservatif usai adanya larangan mengemudi perempuan."Putri Nourah University sedang mempersiapkan untuk mendirikan sebuah sekolah mengemudi yang bekerja sama dengan pihak berwenang terkait," kata perwakilan  universitas tersebut pada hari Sabtu."Ini adalah pengumuman pertama setelah perintah minggu ini oleh Raja Salman untuk memungkinkan wanita mengemudi," katanya.

Arab Saudi pada hari Selasa mengatakan akan mengizinkan izin mengemudi untuk wanita di bawah keputusan kerajaan mulai berlaku pada bulan Juni, memicu euforia dan ketidakpercayaan di kalangan aktivis yang telah lama memperjuangkan larangan tersebut.

Kerajaan Teluk adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita mengambil kemudi, dan hal itu terlihat secara global sebagai simbol represi di kerajaan Teluk. Putri Nourah University mengatakan memiliki lebih dari 60.000 mahasiswi di Riyadh dan kota lainnya.

Keputusan hari Selasa ini diharapkan dapat mendorong perempuan masuk ke dalam angkatan kerja dan meningkatkan penjualan mobil, terutama dalam beberapa bulan mendatang sebelum diberlakukannya peraturan pajak pertambahan nilai pemerintah pada Januari 2018. Pembuat mobil termasuk Nissan, Chevrolet dan Ford telah bergegas untuk memberi selamat kepada wanita Saudi, karena jutaan wanita diperkirakan akan mencapai jalan di kerajaan tersebut dalam tahun-tahun depan.


Sumber:


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan