Peneliti Finlandia Tumbuhkan 'Makanan' Inovatif di Bioreaktor Meja




makanan inovatif dari bioreaktor meja via fastcompany



Semoga gue gak salah translate yak hehehe... jadi nih dari forbes.com dan fastcompany katanya mereka, ada peneliti farmasi di Finlandia bernama Lauri Reuter bersama dengan rekan-rekannya di Pusat Penelitian Teknis VTT di Finlandia (sebuah kelompok pemikir yang berpusat pada pemerintah berusia 75 tahun yang berada di luar Helsinki), Reuter sedang mengerjakan sebuah bioreaktor meja untuk menumbuhkan sel-sel tanaman yang dapat dimakan.
hasil makanan inovatif itu via fastcompany


"Anda bisa memanen sesuatu seperti setengah kilo sel tumbuhan ini kira-kira dalam seminggu," kata Reuter kepada Fast Company, bukan baby lettuces tapi berry. "Anda dapat membuatnya tumbuh di halaman belakang rumah Anda, akan memakan waktu lebih lama, dan musim akan hanya sekali setahun. Sekarang Anda bisa melakukannya setiap hari sepanjang tahun, dan di tempat manapun." Ok, jadi maksudnya bisa makan berry tiap saat ya. Keren juga nih. nanamnya di bioreactor imut dibawah ini ya. lucu juga ya alat ini.

bioreactor meja kecil ini alatnya ya via fastcompany


Tapi bagaimana rasanya? Ringan (tidak kotor), meski belum tentu apa yang diharapkan para peneliti. Sel stroberi terasa seperti selai lingonberry, lapor mereka.Tim saat ini sedang mengerjakan masalah teknis seperti membuat kapsul sel tumbuhan yang bisa bertahan dalam perjalanan ke konsumen. "Itu adalah bidang penelitian yang sama sekali baru," kata Reuter. "Tidak ada yang pernah memikirkan memasang sel tumbuhan dalam sebuah kapsul dan mengirimkannya ke suatu tempat."



Sistem ini belum mendekati pasar; para periset masih mempertimbangkan arah terbaik untuk produk akhir, dan harus bermitra dengan perusahaan lain untuk memproduksinya. Produk ini juga harus mendapat persetujuan peraturan sebagai makanan baru. Tetapi bagi Reuter, ini adalah contoh jenis sistem yang penting untuk dikembangkan karena pertanian tradisional semakin tegang oleh karena adanya perubahan iklim.


"Dengan perubahan iklim dengan cara yang sangat tidak terduga saat ini, pertanian itu akan menjadi yang paling banyak," katanya. "Itu akan menjadi masalah besar dan besar. Semua makanan kita terkait dengan ladang dan lingkungan, dan ketika kondisi di lapangan berubah, maka kita berada dalam masalah. Jadi, kita perlu menemukan cara baru untuk menghasilkan makanan dengan cara yang dipisahkan dari lingkungan. "

Peneliti di VTT Technical Research Center of Finland juga mengembangkan sistem serupa untuk menumbuhkan protein susu dan telur, dan sistem lain yang menghasilkan makanan dari CO2 dan listrik. Dalam skenario di mana pertanian tradisional tidak lagi masuk akal, sistem ini dapat menyediakan sebagian besar makanan seseorang, dan bioreaktor sel tumbuhan dapat memberi vitamin dan antioksidan penting.

"Impian saya adalah membuat peternakan bioreaktor ini yang memiliki beberapa jenis organisme ini, mungkin satu organisme memberi makan yang lain, dan akhirnya, Anda bisa menghasilkan makanan manusia lengkap dalam sistem terkandung yang dapat melakukannya secara independen dari cuaca atau lokasi atau musim, "kata Reuter dalam fastcompany.




Sumber:


 https://en.wikipedia.org/wiki/Bioreactor



Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan