Mikroba purba bertahan di dalam kristal gua besar selama 50.000 tahun




naica crystal via inhabitat.com

Dari inhabitat.com lagi nih. Para ilmuwan telah menemukan mikroba kuno yang aneh di gua kristal Naica Meksiko yang bisa berusia sekitar 50.000 tahun. Meskipun gua-gua itu sangat panas, mereka telah digambarkan sebagai neraka - sementara juga menjadi sangat ajaib, mereka digambarkan sebagai Fairyland - mikroba tersebut bertahan selama ribuan tahun yang terjebak dalam kristal.

Seorang ahli biologi yang mempelajari mikroba tersebut menyebut mereka sebagai kehidupan super. Para ilmuwan menemukan 40 strain mikroba dan beberapa virus di dalam gua. Mikroba sangat aneh sehingga bahkan kerabat terdekat mereka secara genetis 10 persen berbeda, yaitu sekitar sejauh jamur dan manusia, menurut direktur Institut Astrobiologi NASA Penelope Boston, yang baru-baru ini mempresentasikan penelitian ini.

Mikroba yang tidak aktif bertahan pada mineral seperti mangan dan besi. Gua Naica adalah contoh bagus lingkungan yang ekstrem. Ditemukan oleh para penambang baru sekitar 100 tahun yang lalu, gua-gua tersebut diisolasi dari negara-negara lain selama berabad-abad sampai perusahaan pertambangan memulai pengeboran.

Menurut Phys.org, beberapa gua sama kolosalnya seperti katedral, dan ditutupi oleh kristal. Tapi gua yang megah sangat terik sehingga para periset bisa bekerja hanya sekitar 20 menit sebelum kembali ke ruangan yang sejuk sekitar 100 derajat Fahrenheit. Mereka mengenakan setelan ruang yang tidak mahal dan menyimpan es di tubuh mereka.

Penemuan ini tidak mengklaim hadiah untuk kehidupan ekstrim tertua - beberapa tahun yang lalu ilmuwan menulis tentang mikroba hidup yang terperangkap dalam garam dan es yang mungkin berusia sekitar setengah juta tahun.

naica cystal via inhabitat.com
Tapi Boston mengatakan kepada BBC bahwa mikroba yang ditemukan timnya sangat luar biasa karena "mereka tidak terkait erat dengan apapun dalam database genetik yang diketahui" dan ilmuwan dapat menambahkan mikroba yang baru ditemukan ini "ke atlas kemungkinan yang dapat kita terapkan pada pengaturan planet yang berbeda.  "

Temuan ini menarik sembilan tahun penelitian, namun belum dipublikasikan di jurnal. Boston bertujuan untuk menjalankan lebih banyak tes genetik pada mikroba, namun memang menemukan temuan di konferensi American Association for the Advancement of Science baru-baru ini di Boston, Massachusetts akhir pekan lalu.

Melalui BBC dan Phys.org

Sumber:
https://inhabitat.com/ancient-microbes-survive-inside-massive-cave-crystals-for-50000-years/

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan