Kerangka Lengkap Raksasa China Ditemukan di Reruntuhan 5.000 Tahun



tulang kakinya gedanggg ya booo via iflscience.com

Woohooo... bener kan ada raksasa jaman dulu. Nah ini ya dapatnya dari iflscience.com. Jadi tinggi rata-rata seorang pria Cina modern kan diperkirakan sekitar 172 sentimeter (5,6 kaki). Nah, penemuan pria yang jauh lebih besar yang berusia 5.000 tahun ini pastinya menyebabkan beberapa kepala berputar.

Arkeolog menemukan kerangka "raksasa" ini di provinsi Shandong di China Timur. Mereka menemukan kuburan yang berisi tulang orang-orang yang relatif besar, dengan satu orang mencapai 1,9 meter (6,2 kaki), dan beberapa lainnya setidaknya 1,8 meter (5,9 kaki).

"Ini hanya berdasarkan struktur tulang, jika dia orang yang hidup, tingginya pasti akan melebihi 1,9 meter," kata Fang Hui, kepala sekolah dan sejarah budaya Universitas Shandong, lapor Xinhua News.

Laki-laki yang lebih tinggi ditemukan di kuburan yang lebih besar daripada rekan mereka yang lebih kecil, yang mungkin karena mereka memiliki status lebih tinggi dan mampu memperoleh makanan yang lebih baik. Mereka mungkin akan menjulang di banyak tempat lain di daerah itu.

Namun, para arkeolog juga menemukan "kerusakan nyata pada tulang kepala dan kaki beberapa benda dan barang tembikar dan batu giok di enam makam besar." Hal ini mungkin telah dilakukan tidak lama setelah penguburan, dan mungkin karena "kekuatan perjuangan "di antara orang-orang berpangkat tinggi.

Situs penggalian secara khusus ada di sebuah desa bernama Jiaojia. Sejak 2016, reruntuhan 104 rumah, 205 kuburan, dan 20 lubang korban telah ditemukan di sini.

salah satu kuburan orang bertubuh raksasa di cina via iflscience.com


Menariknya, bahwa seorang filsuf China Confucious (551 sampai 479 SM) berasal dari provinsi Shandong, dan kabarnya memiliki postur tubuh yang cukup tinggi, sekitar 1,9 meter. Penduduk setempat Shandong dilaporkan bangga dengan ketinggian mereka. Pada tahun 2015, mereka ditemukan memiliki tinggi rata-rata 1,75 meter (5,75 kaki), dibandingkan dengan rata-rata nasional 1,72 meter (5,64 kaki).

Tulang-tulang khusus ini dari peradaban Neolitikus yang baru dimulai sekitar 4.500 sampai 5.000 tahun yang lalu. Mereka tinggal di bagian hilir Sungai Kuning, tapi tidak banyak yang diketahui tentang daerah ini saat ini.

Tulang ini bukan satu-satunya temuan menarik di situs ini. Barang tembikar dan batu giok berwarna-warni telah ditemukan di deretan rumah, yang konon mengindikasikan kehidupan nyaman yang dihuni orang pada masa itu.

Tidak jelas apa yang membuat orang-orang ini begitu tinggi. Sumber makanan yang beragam dan kaya mungkin telah memainkan peran. Dengan standar Barat, 1,9 meter mungkin tidak setinggi itu. Tapi yang pasti di China pada saat itu, orang-orang ini akan menjulang tinggi di atas orang lain.

sumber:
(H/T: Xinhua News)
http://www.iflscience.com/editors-blog/skeletons-of-chinese-giants-found-in-5000yearold-ruins/

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan