Kelinci Laut, Siput Nan Imut Sampai Ada Yang Lebih Besar Dari Anjing Chihuahua

kelinci laut alias sea bunny 

Beberapa hari lalu waktu clingak clinguk cari web yang isinya berita-berita lucu dan aneh eh tiba-tiba nyangkut soal berita tentang kelinci laut alias sea bunny yang juga merupakan jenis siput tapi kadang gak pake cangkang alias gak bawa rumah jadi  lebih mirip sebuah mahluk yang bergerak dengan tubuhnya yang nampak kayak seonggok benda yang merayap. Beberapa nampak imut dan ngemesin tapi juga ada jenis california sea hare yang ngeri warnanya item dan gitulah bahkan katanya bisa lebih gede dari anjing chihuahua. Yang keliatan seperti kuping diatas tubuhnya itu antenanya untuk membantu dia mengenali medannya ketika dia bergerak atau berjalan. Tapi jangan coba di makan ya beberapa jenis sih katanya beracun. Nah ini ada kumpulan ceritanya dari beberapa web ya. Gue lupa juga dari mananya cuman sumbernya gue taroh di bawah ya.

sea bunny uwww cutieee



"Kelinci Laut" yang Adorable ini sempat mengambil alih semua mata di dunia Internet katanya nationalgeographic,meski penampilannya imut, makhluk laut kecil ini sebenarnya adalah sejenis siput. Kelinci laut yang berwajah lembut itu.Hewan itu sebenarnya bukan kelinci kecil yang tinggal di laut. Makhluk yang memunculkan "awwws" di seluruh dunia adalah sejenis siput laut yang disebut Jorunna parva.Panjangnya kurang dari satu inci (2,5 sentimeter) dan dapat ditemukan di seluruh Samudra Indo-Pasifik dari Afrika Selatan sampai Pasifik tengah. Meskipun gambar yang paling populer dari hewan ini menunjukkan hewan putih dengan bintik hitam, siput laut ini biasanya berwarna kuning atau oranye.

sea bunny huhu


Mantel mantel bulu Jorunna parva adalah karena tandan batang kecil, yang disebut caryophyllidia, yang menutupi punggung binatang itu. Mereka diatur di sekitar tombol-tombol kecil yang terkadang berwarna hitam, sehingga kelinci laut tampak seperti bintik-bintik.


sea bunny

"Kami tidak tahu pasti apa yang organ-organ ini lakukan," kata Ángel Valdés, ahli siput laut di Universitas Politeknik Negeri California di Pomona. Tapi "mereka mungkin memainkan peran sensorik."
 
sea bunny


"Telinga" kelinci laut, atau dua struktur seperti antena di atas kepalanya, paling jelas merupakan organ sensorik. Disebut rhinophores, mereka mendeteksi bahan kimia di dalam air yang membantu kelinci laut menemukan makanan dan teman, kata Valdés.Rhinophores ditutupi dengan lipatan kecil yang meningkatkan kemampuan pendeteksiannya, sehingga J. parva merasakan lingkungannya dengan sangat efisien.Struktur di kelinci laut di belakang yang terlihat seperti "bunga" kecil adalah insangnya.Hidup cepat mati muda.Kelinci laut, seperti kebanyakan siput laut atau nudibranch, adalah hermaprodit. Mereka memiliki organ reproduksi pria dan wanita, dan saat mereka kawin, kedua pasangan bertukar sperma.

sea bunny menari

Makhluk yang suka diemong itu dipersenjatai dengan "duri yang sangat panjang," kata Valdés. Ini pada dasarnya seperti anak panah bahwa hewan tersebut menjajakan pasangannya selama proses kawin. Ini memastikan mereka tetap saling menempel sampai pertukaran sperma selesai, jelasnya.


sea bunny


"Mereka mungkin tinggal beberapa bulan sampai satu tahun," kata Valdés, jadi setiap kesempatan yang mereka dapatkan untuk dikawinkan adalah penting.Untungnya, J. parva tidak perlu banyak khawatir tentang predator selama masa singkatnya karena "mereka sangat, sangat beracun," kata ahli siput laut. "Siapa pun yang mencoba memakannya akan mengalami masa-masa sulit sesudahnya." ( tuh katanya ahli siput jangan makan deh daripada daripada ya)

sea bunny

Seperti semua siput laut dalam kelompok yang mengandung J. parva, yang disebut nudibranch dorid, kelinci laut mencuri pertahanan beracun dari makanannya. Dorids makan spon, dan beberapa racunnya juga digunakan dalam perawatan kanker untuk orang. Siput laut di kelompok lain bisa mencuri penyerang langsung dari ubur-ubur dan menggunakannya dalam pertahanan mereka sendiri. Misalnya, siput di genus Glaucus akan menyerang dan memakan salah satu hewan mirip jeli yang paling berbisa di luar sana.


Siput Laut Ukuran Besar

Dari inhabitat, lautan ini kan penuh dengan makhluk aneh dan misterius, siput laut yang besar. Petualang dan pembawa acara YouTube Coyote Peterson mengecek beberapa makhluk laut gila ini di acara Brave Wilderness-nya Beyond the Tide, dengan "ahli kolam renang pasang surut" Aron Sanchez, dia menemukan makhluk yang mungkin tidak Anda ketahui ada: seekor siput laut super besar Laut Hitam Hare panjangnya sekitar dua kaki.
 
sea slug alias siput laut ukuran besar

Peterson dan Sanchez mengunjungi kolam pasang surut Los Angeles untuk menemukan Black Sea Hare, dan mencari beberapa saat sebelum menemukannya. Spesimen khusus yang mereka temukan menimbang kira-kira sepuluh kilogram, namun Black Sea Hare pada akhirnya dapat menimbang sebanyak 30 pound. Siput berlendir itu membentang di sepanjang lengan bawah Peterson, meninggalkan banyak sekali lendir lengket di belakang.


mirip slime ya?


Sementara beberapa dari kita mungkin memegang salah satu siput raksasa ini, mereka dapat terlihat "melimpah" di sepanjang Pantai Pasifik Amerika. Saat Peterson memegang Black Sea Hare, Sanchez menemukan seekor Kelelawar Laut Coklat untuk bertahan dibandingkan. Kelinci Laut Coklat berukuran besar dengan sendirinya - bisa tumbuh hingga lebih dari satu kaki dan beratnya lima kilogram - tapi kerdil oleh Laut Hitam raksasa. Sementara Black Sea Hare mungkin terlihat seperti sesuatu yang keluar dari fiksi ilmiah, Sanchez meyakinkan penonton bahwa hal itu tidak berbahaya bagi Peterson. Siput hitam tidak menggigit, tidak beracun, dan makan makanan vegetarian, berpesta terutama dengan rumput laut dan ganggang.

 lagi berenang


Di saluran Brave Wilderness YouTube, Peterson juga menyelenggarakan tiga acara petualangan alam lainnya, Breaking Trail, Coyote's Backyard, dan Dragon Tail. Saluran ini akan merilis video baru setiap hari Selasa. Di situsnya, Peterson mengatakan bahwa dia percaya sebaiknya berbagi hewan dengan pemirsa "langsung dari lingkungan alami mereka" dan bertujuan agar pemirsa dapat merasakan hewan ini melalui videonya.



Sumber:
http://voices.nationalgeographic.org/2013/02/13/sea-slug-regrow-penis-animal-behavior-science/
https://www.youtube.com/watch?v=9Nab6fyfpNI
https://en.wikipedia.org/wiki/California_sea_hare


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan