Ilmuwan ungkap berang-berang memiliki nenek moyang berukuran serigala dengan gigi yang kuat


berang-berang via skynews

Nah, kalau yang ini infonya dari skynews lagi jadi Para ilmuwan mengatakan spesies leluhur Siamogale melilutra bisa menghancurkan mangsa yang lebih besar daripada berang-berang hidup dan melakukannya "jauh lebih sulit".

Berang-berang memiliki nenek moyang yang seukuran dengan serigala dan berkeliaran di Bumi enam juta tahun yang lalu, para ilmuwan telah menemukan.

Teriakan yang jauh dari hewan-hewan lucu di media sosial saat ini, Siamogale melilutra beratnya sekitar 50kg dan memiliki gigitan yang luar biasa kuat - memungkinkannya menghancurkan tulang-tulang burung dan mamalia kecil.

Dr Jack Tseng dari University of Buffalo, yang memimpin sebuah penelitian tentang tengkorak fosil berawal prasejarah, mengatakan: "Kami tidak tahu pasti, tapi kami berpikir bahwa berang-berang ini lebih merupakan predator tertinggi daripada spesies berang-berang yang hidup saat ini.

"Temuan kami menyiratkan bahwa Siamogale bisa menghancurkan mangsa yang jauh lebih keras dan lebih besar daripada yang bisa dimakan oleh berang-berang."

berang-berang via skynews

Para ilmuwan membandingkan computed tomography (CT) scan pada tengkorak spesimen leluhur dan 10 dari kerabat modernnya.Mereka kemudian menciptakan model komputer 3D yang menunjukkan bagaimana kekakuan rahang berkorelasi dengan ukuran hewan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Laporan Ilmiah tersebut, menunjukkan rahang binatang purba itu enam kali lebih kuat dari yang diperkirakan.

Para ahli mengatakan rahang kuat dikombinasikan dengan ukurannya akan membuatnya menjadi pemburu yang hebat.Co-penulis Dr Denise Su, dari Museum Sejarah Alam Cleveland, mengatakan bahwa Siamogale melilutra tinggal di habitat seperti rawa di Shuitangba, Cina selatan.

berang-berang via skynews


Dia berkata: "Pada saat berang-berang itu tinggal, daerah di mana jenazahnya ditemukan termasuk rawa atau danau dangkal yang dikelilingi oleh hutan hijau atau hutan lebat.

"Ada fauna air yang beragam di Shuitangba, termasuk ikan, kepiting, moluska, kura-kura dan katak, serta berbagai spesies burung air, yang kesemuanya berpotensi menjadi mangsa bagi Siamogale melilutra."


Sumber:
https://news.sky.com/story/otters-had-wolf-sized-ancestors-with-powerful-teeth-scientists-reveal-11119636

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan