Hidup bisa bertahan lebih lama di Mars daripada yang dipikirkan sebelumnya-menurut studi

/
tinggal di mars? via thesun


Dari RT.com nih ya bukan dari bu RT ntar disangka hoax lageh.  Jadi nih sebelumnya kan para ilmuwan tidak tahu apakah mikroorganisme dapat bertahan dalam kondisi Mars yang ekstrem, namun penelitian baru mengenai keterbatasan biologis tersebut dapat membantu menentukan batas-batas (atau kekurangannya) eksplorasi ruang manusia yang lebih luas.

Kondisi di Mars sangat sulit. Planet Merah memiliki suhu rata-rata -63 Celcius dan bisa turun serendah-145 celcius di daerah kutub. Sementara itu, tekanan atmosfirnya sekitar 170 kali lebih rendah dari Bumi, dan Mars memiliki radiasi ultraviolet dan pengion yang kuat.
 
Sekelompok peneliti di Lomonosov Moscow State University mempelajari mikroorganisme di lingkungan Mars yang disimulasikan, dengan fokus pada efek radiasi.

Diterbitkan di jurnal ilmiah Extremophiles, makalah ini mempelajari ketahanan radiasi komunitas mikroba di batuan sedimen permafrost di bawah suhu rendah dan tekanan rendah. Batuan sedimen yang digunakan dalam penelitian ini menyerupai permukaan 'regolith' di Mars.

Komunitas mikroba menunjukkan resistensi yang tinggi terhadap kondisi Mars yang disimulasikan dan, setelah iradiasi, "jumlah total sel prokariotik dan jumlah sel bakteri aktif secara metabolik tetap berada pada tingkat kontrol."

Sementara jumlah sel yang aktif secara metabolisme menurun tiga kali lipat, dan jumlah bakteri berbudaya menurun dua kali lipat, kematian mereka disebabkan oleh perubahan fisiologis dan bukan kematian, menurut para periset.

mars via thesun

"Hasil penelitian menunjukkan kemungkinan terjadinya cryo-conservation dari mikroorganisme yang layak dalam regolian Mars," kata penulis studi Vladimir S. Cheptsov dalam sebuah pernyataan.
 
"Data yang diperoleh memungkinkan untuk mengasumsikan bahwa ekosistem Mars hipotetis dapat dilestarikan dalam keadaan anabiotik di lapisan permukaan regolith (dilindungi dari sinar UV) setidaknya 1,3 juta tahun, pada kedalaman dua meter tidak kurang dari 3,3 juta tahun, dan pada kedalaman lima meter setidaknya 20 juta tahun, "kata Chepstov.


"Data yang diperoleh juga dapat diterapkan untuk menilai kemungkinan mendeteksi mikroorganisme yang layak pada objek lain dari tata surya dan di dalam tubuh kecil di luar angkasa," tambahnya.

Jadi, daripada pindah ke Mei..... mending kita pindahan ke mars yang mungkin harga apartemen dan biaya hidup-nya juga masih bisa lebih terjangkauan yak. Tapi masih sepi tetangga kayaknya yak:D



Sumber:
https://www.thesun.co.uk/news/2163241/martian-drought-wiped-out-alien-life-on-the-red-planet-scientists-claim/

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan