Bisakah Kita Sakit dari Makan Otak Orang Lain? Bagaimana Tubuh Anda Bereaksi Ketika Mengkonsumsi Sesama Manusia



makan otak manusia via dailymail


Ini judulnya emang hidih banget ya. Tapi penasaran, gimana manusia kalau jadi kanibal. Soalnya beberapa waktu lalu gue sempet lihat di youtube tentang suku di India yang makan daging dan otak manusia. Semacam sekte yang percaya bahwa daging manusia membuat si pemakannya lebih dekat kepada Tuhan YME. Hm nampak gak masuk akal dan nyeremin sih buat gue pribadi emang. Tapi ya mereka ada diantara kita, bahkan salah satu media ternama di dunia cnn sempat turut membahas dan meliput keseharian mereka.Dan reporternya Reza Aslan seinget gue juga demi bisa immerse sama suku di India ini ikutan makan otak manusia. Hmmm...

Nah, kalau mau tau lebih jauh ini ada artikel dari medicaldaily nih gue dapatnya. Yang mungkin menguggah rasa penasaran kita. Apa iya mereka yang makan otak manusia bisa menderita penyakit tertentu atau bisa sehat-sehat aja ya?

Dalam video Life Noggin’s, "Apa yang Terjadi jika Anda Mengonsumsi Manusia Otak?" sutradara dan  Pat Graziosi berbicara tentang konsekuensi dari mengkonsumsi otak manusia atau sesuatu di luar tubuh.Jika Anda menemukan otak manusia, dan memiliki kesempatan untuk memakannya, beberapa sumber memperkirakan Anda akan menelan "78 kalori, 10 gram lemak, 11 gram protein dan 1 gram karbohidrat" untuk setiap 100 butir berat otak. Khawatir tentang penyakit? Anda punya alasan kuat untuk takut.

Secara historis, otak makan telah mengakibatkan kontraksi gangguan neurologis yang disebut ensefalopati spongiform transmissible (TSE), yang umumnya jarang terjadi. Jenis termasuk Kuru, bovine spongiform encephalopathy (BSE), lebih dikenal dengan penyakit Sapi Gila, dan penyakit Creutzfeldt-Jakob (vCJD), National Institute of Neurological Disorders and Stroke melaporkan.

Gejala umum TSE meliputi perubahan kepribadian, gerakan menyentak tanpa disengaja, sensasi yang tidak biasa, insomnia, kebingungan, sakit kepala parah, dan masalah ingatan. Kemungkinan efek samping lainnya termasuk masalah kejiwaan seperti depresi, kurang koordinasi, dan gaya berjalan yang tidak stabil. Saat ini tidak ada pengobatan yang dapat menghentikan perkembangan TSE manapun, namun penyakit ini biasanya berujung pada kematian selama beberapa bulan sampai beberapa tahun.

reza aslan di saat tinggal bareng suku pemakan bagian tubuh manusia via dailystar


Tapi, bagaimana dengan memakan bagian tubuh yang lain?

Nah, tubuh pria dewasa mengandung 80.000 kalori dan satu ton lemak jenuh. Sebenarnya tidak ada penyakit yang terkait dengan makan bagian tubuh lainnya, tapi ini "bukan ide nutrisi terbaik," menurut Life Noggin.


Sumber:
http://www.medicaldaily.com/can-you-get-sick-eating-other-peoples-brains-how-your-body-would-react-401557
 http://www.dailymail.co.uk/news/article-4296404/CNN-presenter-Reza-Aslan-eats-HUMAN-BRAIN.html
 https://www.dailystar.co.uk/news/latest-news/594990/Cannibals-eat-human-brain-Aghori-Hindu-throw-poo-documentary-Reza-Aslan-Believer-film

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan