Bagaimana Latihan Aerobik Bisa Ciptakan Sel Baru Melalui Neurogenesis



 
Aerobik via active.com

Nah ini juga dari medicaldaily.com. Hmm.. jadi pengen olahraga nih.

Apa yang mungkin menjelaskan mengapa ada hubungan antara latihan aerobik dan perkembangan otak?Pertanyaan ini awalnya muncul di Quora. Jawaban oleh Nicole Gravagna, Neuroscientist.

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan di University of Ottawa menerbitkan bukti terbaru bahwa mengerakan tubuh Anda membuat otak Anda lebih kuat. Ini berita menyedihkan bagi mereka yang suka bermalas-malas di sofa. Bagi mereka yang memakai sepasang sepatu lari (atau dua) setiap tahun, ini adalah salah satu studi yang tidak mengejutkan.Latihan fisik dan latihan aerobik secara spesifik melakukan beberapa hal yang sangat positif bagi otak.

Ada banyak bukti ilmiah bahwa olahraga memungkinkan adanya neurogenesis yang merupakan perbaikan neuron dan pembentukan neuron baru. Karena otak banyak terdiri dari neuron, tingkat neurogenesis yang tinggi merupakan indikasi bagus adanya otak yang sehat. Ini seperti melihat kota dan melihat sekelompok mobil derek dan tim konstruksi sedang mengerjakan bangunan. Hanya sistem yang sehat yang memiliki sumber daya untuk memperbaiki infrastruktur. Keburukan, sebaliknya, adalah tanda kesehatan yang goyah.Latihan sangat berharga bagi otak dengan berbagai cara.

Belajar olahraga baru, seperti berlatih golf atau tenis untuk pertama kalinya, menantang kemampuan otak untuk merombak hubungannya. Setiap jenis olahraga adalah pengaruh positif pada tubuh, namun neurogenesis tampaknya dipicu paling banyak oleh latihan aerobik yang diperpanjang. Latihan interval intensitas tinggi seperti yang mungkin Anda temukan pada fit silang tampaknya tidak memberikan peningkatan perbaikan neuron yang sama.

Ketika Anda pergi untuk jangka panjang yang bagus daripada memukul ruang berat, apa yang sebenarnya sedang terjadi di rumah Anda?Diperpanjang periode latihan aerobik positif mempengaruhi otak dalam beberapa cara yang berbeda. Efek yang paling jelas dan relatif langsung adalah pelari yang tinggi. Bila Anda mendapatkan satu atau dua jam latihan aerobik, Anda merasa gembira untuk sementara waktu sesudahnya. Masalah Anda mencair dan sakit atau nyeri tampaknya hilang. Efeknya sayangnya sementara.

Kepuasan berlari yang tinggi disebabkan oleh obat opioid alami yang diproduksi tubuh saat berolahraga. Bahan kimia ini sangat mempengaruhi bagian otak yang terkait dengan proses emosional. Tidak mengherankan jika Anda bisa mengatasi masalah Anda dengan berlari. Tubuh Anda memberi dosis anti-depresan alami untuk membantu.

Kita semua tahu bahwa perasaan baik tidak selalu berkorelasi dengan kesehatan. Siapa pun yang mengalami euforia koktail ketiga atau keempat mereka pada malam yang sangat menyenangkan, tahu bahwa beberapa cara merasa baik tidak selalu baik untuk Anda. Namun, sepertinya perasaan positif yang terkait dengan aktivitas aerobik cenderung berkorelasi dengan pertumbuhan jaringan otak yang sehat.

Meskipun kita dapat dengan mudah menjelaskan tingkat kepuasaan pelari yang tinggi dengan melihat akumulasi opioid alami di lobus frontal dalam pemindaian otak atlet yang baru saja selesai dalam waktu dua jam, mungkin akan ada yang merasa nyaman setelah berolahraga. Makalah baru-baru ini yang diterbitkan dari para ilmuwan di University of Ottawa melihat bahwa bahan kimia lain yang disebut VGF meningkat setelah latihan aerobik. VGF tidak tahan terhadap apapun. Itu hanya namanya saja.

Para ilmuwan belum menemukan semua hal yang tidak dilakukan VGF. Ini seperti musisi rahasia yang mungkin bisa menerbitkan novel dengan nama samaran. Bahan kimia di dalam tubuh cenderung mengalami sinar bulan dan mungkin perlu beberapa dekade untuk menemukan semua hal yang mereka lakukan. VGF adalah bintang pertunjukan yang para ilmuwan di Ottawa baru saja terbitkan. Para ilmuwan ini bekerja dengan tikus yang tidak normal.

 Tikus memiliki disfungsi genetik yang menyebabkan mereka berjalan dan bergerak dengan cara yang sulit. Tikus juga memiliki lifespans yang sangat pendek. Kedua kesengsaraan ini, kesulitan dengan gerakan dan kematian dini dikaitkan dengan degradasi genetik otak serebelum, bagian otak umumnya dikenal untuk mengendalikan gerakan fisik.

Apa yang para ilmuwan di Ottawa tunjukkan adalah bahwa mereka dapat memperbaiki kerusakan genetik pada otak tikus dengan dua cara. Mereka bisa memberi tikus itu dosis VGF yang besar, atau mereka bisa memberi tikus itu treadmill. Dalam kedua kasus, hama kecil itu hidup lebih lama, bergerak lebih normal, dan menunjukkan perbaikan infrastruktur positif pada jaringan di otak.

Para ilmuwan memberi tikus dosis VGF dengan cara yang tidak dapat kita perlakukan terhadap manusia. Itu bukan pil atau bahkan suntikan. Itu juga bukan enema. VGF diberikan pada tikus melalui infeksi virus. Ini adalah cara yang sangat umum untuk melakukan eksperimen pada tikus dan cara yang tidak etis untuk memberi dorongan kepada otak manusia.

Jika VGF dikaitkan dengan neurogenesis dan perbaikan neuron, namun diketahui juga memiliki sifat anti-depresan. Jadi, menghabiskan satu jam untuk jogging di sekitar taman memberi Anda dorongan opioid instan ditambah aktivasi lain yang lebih lambat dan anti-depresan tahan lama (VGF), yang bertindak sebagai bagian dari proses perbaikan yang memperbaiki keausan dari hal-hal yang kurang sehat yang Anda lakukan.

OK sepatu lari dimana ya?

Sumber:
https://www.active.com/fitness/articles/aerobic-vs-anaerobic-exercise-which-is-best-to-burn-more-fat

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan