4 Penyakit Medis Nyata Yang Sering Kena Tuduh Karena Sihir dan Iblis


sakit karena sihir? via medicaldaily


Ternyata gak cuman di sini aja yang nuduh penyakit itu karena ada gangguan sihir dan iblis. Disono jugah kawan. Ok, emang dari kitab suci ada cerita tentang setan bisa masuk dalam darah, kotoran itu makanannya setan, etc. Nah, Cuman nih medicaldaily ngeliat dari sisi medisnya nih.

Jadi ketika pihak berwenang membakar penyihir di tiang pancang sepanjang sejarah, mereka sering mengira mereka melakukan pembelaan versi mereka sendiri melawan seni gelap. Tanpa pengetahuan medis lanjutan yang kita miliki saat ini, terkadang disebabkan oleh fenomena medis yang tidak dapat dijelaskan atau aneh dengan mengatakan bahwa itu adalah karya sihir atau setan.

Ini adalah ide yang berasal dari awal peradaban. Lois N. Magner, ahli dalam sejarah ilmu kedokteran, menulis dalam "Sejarah Penyakit Menular dan Dunia Mikroba" bahwa kekuatan supernatural yang percaya menyebabkan penyakit "pada dasarnya bersifat universal pada masyarakat prasejarah dan peradaban luar biasa yang berkembang dalam periode tersebut.

Antara tahun 3500 SM dan 1500 SM di Mesopotamia, Mesir, China dan India."Misalnya, di masa kuno India," mitos dan legenda Hindu menggambarkan sebuah panteon dewa yang kompleks dan serangkaian setan yang mampu menyebabkan penyakit dan wabah penyakit. . Penyembuh legendaris dan dewa bergulat dengan setan "dalam skenario ini, Magner mencatat.

Tapi beberapa penyakit spesifik lebih sering dikaitkan dengan sihir dan kekuatan gelap daripada yang lain.

1)Epilepsi
Kondisi neurologis, yang menyebabkan kejang dengan mengganggu aktivitas listrik otak, diperkirakan menimpa 65 juta orang di seluruh dunia, menurut Epilepsi Foundation, dengan sekitar 3 juta di antaranya berada di Amerika Serikat. Selama kejang, seseorang bisa menjadi bingung atau pingsan dan kemudian jatuh ke dalam pemadaman atau ketidaksadaran selama mereka tidak responsif dan mungkin mengalami getaran, kedutan atau kejang-kejang. Penampilan seseorang yang kehilangan kendali atas tubuh mereka sendiri bisa jadi mengapa penonton yang kurang informasi bisa saja cukup takut untuk menuduh para penyihir.

Yayasan tersebut mengutip dari 1400 teks berbasis agama yang disebut The Malleus Maleficarum yang mengatakan "tidak ada kekurangan tubuh, bahkan kusta atau epilepsi, yang tidak dapat disebabkan oleh penyihir ... Karena kita sering menemukan bahwa beberapa orang telah dikunjungi dengan epilepsi atau penyakit yang jatuh melalui telur yang telah dikubur dengan mayat, terutama mayat penyihir, bersama dengan upacara lain yang tidak dapat kita ucapkan, terutama saat telur-telur ini diberikan kepada seseorang baik dalam makanan maupun minuman. "Meskipun banyak dokter percaya sebaliknya selama era Kesepakatan Penyihir Salem, yang melihat ratusan ribu wanita dibunuh berdasarkan sihir," masyarakat umum mungkin melihat penyihir dan setan memiliki peran lebih besar "dalam epilepsi, yayasan tersebut mengatakan .

2) Penyakit kejiwaan

Karena penyakit jiwa seperti skizofrenia dan gangguan identitas disosiatif dapat menyebabkan perubahan emosional dan perilaku, mereka telah menjadi setan, mengalami stigmatisasi dan disalahpahami selama mereka muncul. Orang-orang yang sakit mental "diusir" dari roh jahat yang memilikinya, dan menurut satu perspektif yang diterbitkan di National Institutes of Health, "sejumlah besar penyihir yang diduga dan orang-orang yang dimilikinya mungkin mengalami gangguan mental yang nyata."Tragisnya, beberapa budaya di seluruh dunia masih percaya penyihir berada di belakang penyakit jiwa.

The Guardian melaporkan bahwa di Guyana, yang memiliki tingkat bunuh diri yang mengejutkan, gejala penyakit jiwa "sering keliru dikaitkan dengan ilmu sihir ... Masyarakat sering mengucilkan penderitanya, dan kadang-kadang telah menyerang mereka secara fisik, pada waktunya dengan dukungan para pemimpin agama."

3) Keracunan Ergot

Ketika orang makan makanan yang terkontaminasi jamur ergot, mereka bisa mulai menunjukkan gejala yang meniru gejala epilepsi atau penyakit jiwa, seperti "kejang otot yang kejam, muntah, delusi, halusinasi, sensasi merangkak pada kulit, dan sejumlah gejala lainnya. - semua yang ... hadir dalam catatan percobaan sihir Salem, "kata PBS. Dan pusat diskusi sihir Massachusetts terjadi di sebuah tempat di Salem dimana tanaman rye kemungkinan terinfeksi jamur, dari mana obat halusinogen LSD diturunkan.

4) Encephalitis lethargica

Beberapa percaya bahwa ini adalah kondisi lain yang salah paham yang menyebabkan orang-orang terbakar berada di tiang pancang. Penyakit dengan penyebab yang tidak diketahui membawa peradangan parah di otak dan disertai dengan "demam tinggi, sakit kepala, penglihatan ganda, respons fisik dan mental tertunda, dan kelesuan," National Institute of Neurological Disorders and Stroke mengatakan.

Bahkan bisa menyebabkan koma dan "pasien mungkin juga mengalami gerakan mata yang abnormal, kelemahan tubuh bagian atas, nyeri otot, tremor, kaku leher, dan perubahan perilaku termasuk psikosis." Ini adalah kondisi yang jarang terjadi, tapi bisa sangat menakutkan. BBC mengutip seorang dokter bernama Stavia Blunt yang menjelaskan satu kasus yang dia lihat di awal tahun 1990an: "Saya terkejut dengan penampilannya, tertegun. Dia memiliki gerakan mencakar yang sangat aneh ini. Aneh sekali. "

Sumber:
http://www.medicaldaily.com/witch-trials-4-real-medical-illnesses-were-mistaken-witchcraft-and-devil-401780

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan