Trem bertenaga hidrogen pertama diluncurkan di China

tram hidrogen via railynews.com


Sebuah trem listrik hibrida buatan dalam negeri yang didukung oleh bahan bakar hidrogen telah beroperasi di Tangshan, Cina utara. Dari RT.com diketahui kalau kendaraan yang ramah lingkungan ini diluncurkan di tengah tantangan polusi besar di China.Trem bertenaga hidrogen pertama di dunia memulai operasi komersilnya di Tangshan, salah satu kota industri tertua di China yang tidak jauh dari ibu kota, kantor berita Xinhua melaporkan pada hari Jumat. Ini dikembangkan oleh China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) pada tahun 2015.

Trem membawa sekitar 300 penumpang saat melakukan perjalanan pertamanya pada hari Kamis, media China mengutip perusahaan produksi tersebut. Salah satu penumpang pertama, warga Tangshan Su, 31, menggambarkan perjalanan tersebut sebagai "cukup nyaman."

Trem yang ramah secara ekologis hanya memancarkan air tanpa adanya polutan. Ini tidak menghasilkan nitrogen oksida, karena suhu reaksi di dalam sel bahan bakar disimpan di bawah 100 derajat Celcius.

Ini memiliki tiga gerbong dengan 66 kursi dan dapat berjalan sejauh 40 kilometer dengan kecepatan maksimum 70 kilometer per jam yang mengkonsumsi 12 kilogram hidrogen. Bisa mengisi bahan bakar hanya dalam waktu 15 menit.

Awal tahun ini, sebuah kontrak ditandatangani untuk penggunaan komersial kereta api di Kota Foshan di Provinsi Guangdong, China selatan. Traktor listrik bertenaga hidrogen juga akan diproduksi sesuai kesepakatan.


pak masinis di depan tram hidrogen via rt.com

Cina telah berjuang melawan polusi udara selama bertahun-tahun, dengan kota-kotanya sering diselimuti asap tebal yang berbahaya. Pada hari Jumat, sebuah peringatan asap kuning dikeluarkan untuk ibu kota Cina Beijing dan sekitarnya, yang ditutupi oleh kabut tebal yang menyebabkan penutupan jalan raya.


Sumber:
https://www.rt.com/news/408022-china-hydrogen-tram-launched/
http://www.raillynews.com/2015/china-to-create-the-worlds-first-hydrogen-tram-column-published/


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan