Negeri China Bakal Tanam Beras di Air Asin Untuk Beri Makan 200 juta Orang

sawah padi via india times & reuters


Begitu deh kata ilmuwan dari China yang mengklaim bakal bisa membuat terobosan agricultur yang sangat krusial, menumbuhkan beras padi dengan hasil panen yang tinggi di air asin. Hodoh jenis padi beras model apa ya ini. Nah katanya nih jenis baru ini sedang di ujicoba, tapi oleh ilmuwan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sulfat Qingdao Saline-Alkali dilaporkan bahwa  telah berhasil menciptakan hampir 3 kali lipat hasil panen, menjadi 4,5 metrik ton per hektar, membuatnya siap untuk dikomersialisasikan gitu sih katanya RT.com.

padi via rt.com


Budidaya padi di air asin ini dapat meningkatkan produksi beras China hampir 20 persen dan akan mampu memberi makan lebih dari 200 juta orang, menurut pemimpin penelitian Yuan Longping, yang dikenal sebagai 'padi hibrida' China.

Jenis padi hibrida baru telah ditanam di antara 200 varietas beras di Qingdao, sebuah kota pesisir di Provinsi Shandong, China timur. Para peneliti memompa dan mengencerkan air laut dari Laut Kuning, lalu menyalurkannya ke sawah.

Beras air laut yang diencerkan sudah mulai dijual. Namun, dengan harga 50 yuan ($ 7,50) satu kilo, varietas baru delapan kali lebih mahal daripada harga nasi tradisional.

Sebuah toko online yang menjual beras dimulai pada bulan Agustus oleh Yuan Ce Biological Technology, sebuah perusahaan start-up dan mitra bisnis tim riset Yuan Longping yang berbasis di Qingdao.
padi via kabartani.com


Platform ini menjual padi yang dipanen tahun lalu dengan tanaman tahun ini untuk memasuki toko pada bulan November.

Seribu pelanggan memesan barang bulan lalu, dan hampir enam ton varietas baru telah terjual sejak Agustus, menurut seorang manajer penjualan. Perusahaan tersebut mengharapkan untuk mencapai pendapatan penjualan sebesar 10 juta yuan ($ 1,5 juta) pada akhir tahun.

Varietas tersebut tidak dapat secara resmi disebut nasi laut, seperti yang ditanam di daerah di mana air tawar bercampur dengan air laut, menurut direktur Institut Pertanian Ekosistem Yunnan Zhong Zhong. "Kandungan salinitas di daerah tersebut biasanya sedikit lebih dari satu persen," kata Na.
Para ilmuwan mengatakan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun penelitian untuk mengembangkan spesies padi yang bisa tumbuh di air laut murni.

Waduh padahal gue kira tadinya nih berasnya bakal berasa asin gimana gitu jadi gue bisa menikmati makan nasi sama garam kayak pas di rumah UU dan Nini di purwakarta dulu waktu gue kecil. Enak banget makan nasi anget baru diangkat dari dandang, terus nasi yang abis ngebul dikipasin itu dimakan deh pake garem. Sama nini biasanya dibuatin itu sejumput kecil nasi dan mulut gue tinggal nganga dan lep aja. Haha... Atau kalau mau bikin bubur gak usah tambah garam lagikarena berasnya udah asin.

Tapi Si RT.com  juga gak nyebut ya rasanya nih beras kayak apa. Jadi penasaran kan. Lucu juga ya kalau di pantai suatu hari kita bercocok tanam padi atau suatua hari bisa nanam padi kayak nanam rumput laut gitu under water ehehehe.

Sumber:


Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan