Kue Bulan: Gak Usah Ngambil Jauh Ke Bulan, Kalau di Condet Juga Ada

mooncake alias kue bulan


Gak usah ngambil kue bulan jauh jauh ke Bulan lah, gak usah juga repot pakai baju astronot demi bisa makan kue bulan di bulan. Masalahnya di bulannya sendiri gak ada yang produksi kue bulan apalagi yang jualan kue bulan kayak di petak 9.

Ya ini dia nih kue enak satu lagi. Namanya kue bulan. Kalau di daerah china town kayak glodok, petak 9, kelapa gading atau jatinegara mah kue ini udah biasa hadir di kios/toko penjual kue atau makanan jajanan gitu. Ada masa dimana yang jualan kue bulan itu banyak banget tapi ada masa dia gak keliatan di kios/toko penjual kue gitu.

Kalau menurut chinahightlight nih, kue bulan itu adalah kue sesaji kepada bulan di masa lampau. Kue bulan ini populer di saat pertengahan masa festival musim gugur. Dinamain demikian juga karena juga oleh perintah dewi bulan ( Chang’e) yang menyuruh membuat kue ini. Biasanya kue yang kebanyakan bentuknya bundar ini (ada juga sih yang bentuknya kotak) dihidangkan bersama teh china anget makannya bareng keluarga. Tapi agak jarang juga ada yang di goreng dan di kukus. Hoh!


gaya mooncake alias kue bulan menurut asalnya

Kue bulan biasanya ada isian di tengahnya ada yang isi daging babi ( yang ini gue gak bisa makan), ada yang isi kacang merah, ada yang isi biji lotus, buah-buahan, kopi, krim keju, green tea, coklat, seafood bahkan isi eskrim...slurp. Gaya kue di masing-masing wilayah di negeri asalnya juga bermacam-macam ada gaya kanton yang cantik tampilannya, ada juga gaya beijing yang menurut gue mirip sama bakpao bentuknya, gaya yunan yang kering, gaya chaosan yang lucu dan suzhuo yang mirip kayak kue pia. Kue ini melambangkan kemakmuran dan kumpul semua anggota keluarga.

Nah waktu itu kan datang ke rumahnya MT sohib gue di condet, Jakarta Timur. Di rumahnya itu, nyokapnya motongin kue bulan inilah yang rasa coklat. Nelen satu kok enak ya. Dua tiga empat dannnnn Enak bangettttt... gurihnya to the max. Kata MT kue bulan itu dibawain sama teman nyokapnya yang keturunan China dan memang keluarganya ngerayain festival kue bulan. Mamahnya ikut dibawain deh kue bulan enak itu. Cuman MT bilang gak boleh banyak banyak takut kolesterol. Heh! Masak iya sih. Ternyata karena banyak pakai telurnya itu di isian coklatnya plus ada potongan kacang mete yang bikin gue gak bisa berhenti deh makan kue satu ini. BAHAYA!

Dan kayaknya jumat ini gue mau nyari ah kue bulan. Jadi pengennnnnnn


Sumber:

https://www.chinahighlights.com/festivals/mooncake.htm

Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan