Jemput Rejeki Pakai Tiket Traveloka, di Hari Ulang Tahun ke 35


Gak ada yang gak mungkin, percaya deh selalu ada jalan keluar.Dimana ada kemauan untuk dapat tiket murah disitulah pasti ada jalan. Yang paling sedap ya dapatnya tuh tiket pas hari ulang tahun boleh hunting lewat traveloka. Gini ceritanya.

HP saya bunyi siang itu. Seingat saya, hari itu adalah satu hari sebelum hari ulang tahun saya di tahun 2015. Ya! 30 Maret 2015. Seorang senior dari Antropologi UI, yang saya kenal mengabarkan ada kerjaan freelance researcher di Surabaya, tapi harus beli tiket sendiri untuk pergi ke Surabaya dan hari itu juga harus dipesan.

Mati saya! Okay ini kerjaan. Itu berarti bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup saya. Yang paling penting adalah kalau dapat kerjaan ini berarti saya bisa bertahan hidup. Apalagi waktu itu gaji sempat ketahan beberapa bulan. Sumpah beberapa bulan! Alih-alih berhutang, saya memilih cari kerjaan freelance lah buat makan. Syukurnya kantor memberikan keringanan soal ini.

Tapi yah tahu sendirilah, saya kan agak gaptek ya. Apalagi soal e-banking waktu itu. Mana gak punya e-banking pula. Ya, ok saya punya kartu ATM. Saya hanya malas pergi mengurus pembuatan e-banking di bank BCA, tapi si senior bilangnya gini.

Mbak Senior: ”Pesen tiket aja Rik pakai e-banking nanti diganti di Surabaya. Kita ketemu di Bandara Juanda nanti dari sana kita bareng ke lokasi pelatihannya”

Saya melonggo. Waduh gimana ini? Nanya teman sana-sini di kantor dan lewat HP, mana sih situs penyedia layanan tiket murah dan terjamin kualitasnya. Ada beberapa nama situs disebut yang diajukan teman-teman. Jatuh pilihan saya kepada Traveloka. HOOH! Kenapa Traveloka? Ya, habis harganya tiket murah traveloka. Saya dapat di angka RP 529.177. Tapi saya harus cepat untuk membayar. Awalnya saya bingung dengan cara membayar, karena saya baru pertama kali dan saya memilih akhirnya pakai ATM.

 Jam terus berdetak cepat meminta saya untuk membayar.

Masalahnya tiba-tiba saja salah satu rekan kerja minta data yang sudah ada diperbaiki segera. Aduh apaan lagi ini.. padahal saya sudah mau siap-siap bayar tiket ke ATM yang jaraknya di seberang gedung kantor tempat saya kerja waktu itu. Karena disuruh ana-ini-anu-itu di kantor akhirnya saya baru bisa membayar tiket menjelang beberapa menit lagi waktunya habis. Kayak orang kebakaran jenggot ( ya, walau saya gak berjenggot ya) saya pun lari menuruni anak tangga yang jumlahnya banyak banget itu  akhirnya sampailah saya di kantor seberang yang ada ATM BCAnya dan saya masukan angka dan total biaya. Karena gak ngeh, saya pun memasukan total biaya yang saya bisa ingat.

Hanya saja ditunggu punya tunggu tiket saya belum dikirim dalam hitungan menit. Saya bingung bukan kepalang. Waduh ini bagaimana saya besok sudah harus ada di Surabaya. Saya pun cross check ke pihak Traveloka, sempat juga saya ngomel kepada mbak-mbak di CS Traveloka dan memberikan bukti transfer saya kepada mereka. Setelah ditunggu, ada respon sampai akhirnya saya melihat bahwa saya salah memasukkan angka total biaya dimana seharusnya RP 529.177 menjadi Rp 529.117 karena saya terburu-buru. Saya lemas banget dengernya. Kayak tulang pada lepas mirip bandeng tulang lunak. Kalau saja pihak Traveloka gak ngirim tiket ini habis lah impian saya untuk bisa punya uang untuk makan di bulan itu. Pikiran saya pun jadi memburuk. Saya gak kebayang gimana marahnya senior saya itu yang sudah mau berusaha membantu saya. Yang menyakitkan, kalau sampai karena kurang Rp 60 saya harus gak makan sebulan. Bagaimana...

Tapi syukur Alhamdulillah pihak Traveloka mau menerima kekhilafan mata saya yang sudah minus 3 ini hehe. Yah walau disatu sisi saya tetap gak enak juga sama si Mbak-mbak CS Traveloka-nya itu karena pasti jadi dia ya yang harus menanggung beban Rp 60 huhu maafken aku ya mbak... tapi akhirnya tiket saya pun tetap dikirim via email. Yang mana rasanya tuh waktu dapat tiket ini, kayak dapat tiket masuk ke surga atau kayak abis diampuni seluruh dosa-dosa sehabis taubat hehehe... Soalnya besok kan hari ulangtahun saya. Which is my big special day.

Pagi tanggal 31 Maret 2015, Saya pun berangkat dari rumah ke Surabaya dengan wajah gembira sangat. Gimana gak! Di hari ulang tahun ke 35, saya akhirnya datang menjemput rejeki dengan naik pesawat Air Asia QZ-7692 berangkat dari CGK Bandara Soekarno Hatta Jakarta (terminal 3) jam 11:20 WIB  menuju SUB Bandara Juanda Surabaya jam 12:35 WIB ( terminal 2). Rasanya surprais banget kayak dapat kado dobel-dobel. Bisa berangkat ke Surabaya dan dapat tiket berangkat dengan harga murah pula dari Traveloka.

Dan yang paling paling paling bikin surprais lagi begitu saya akhirnya nyampe di bandara Juanda. Saya pun kemudian segera menghubungi senior saya itu lewat telepon. Dia kan naik Citilink dengan jam penerbangan yang jadwalnya berdekatan. Setelah di  Whatssap dia bilang sudah mendarat. Sementara saya mencari wajahnya disekitar orang yang berdiri di antara tempat makan yang ada di terminal 2.

Saya:” Mbak sudah sampai mana?”
Mbak Senior:” Udah di Juanda. Kamu dimana Rik?”
Saya:” Saya juga udah di Juanda.Di deket Hoka Hoka Bento. Mbak disebelah mana?”
Mbak Senior:” Oh, aku dekat Circle K Rik. Yang ada soto ayamnya yang bangkunya kayu kecoklatan”
Mata saya mencari dimana kata soto di jejeran restoran makanan yang ada di terminal 2 tapi saya tidak menemukan Circle K dan soto yang dia maksud. Saya lihat disitu bangkunya berwarna beda dan bukan kayu coklat.
Saya:” Mbak yakin mbak udah di Juanda?”
Mbak Senior:” Iya Ke. Ini udah nyampe Juanda. Kamu dimana? Aku tuh di tempat yang ada jualan soto ayamnya deket sama Circle K. Yang bangkunya dari kayu kecoklatan”
Mata saya nyari lagi. Tapi tetap gak ketemu.
Saya:” Tapi mbak disini itu nama supermarketnya beda sama Circle K dan gak nemu penjual soto yang warungnya kayak gitu”
Mbak Senior:” Duh coba deh tanya sama petugasnya aku disini gak kemana mana”
Akhirnya saya pun nyari kesana kemari supaya bisa ketemu sama petugas untuk menanyakan dimana itu circle K dan resto soto ayam yang dimaksud senior saya. Petugas bandara pertama gak tahu dan tahunya supermarket ada di terminal 2, petugas kedua akhirnya memberi tahu. Bahwa Circle K dan resto soto yang dimaksud bukan di terminal 2 kata si Bapak petugas ,” Wah mbak, itu sih bukan di sini. Circle K dan soto itu ada di terminal satunya. Mbak naik aja bus jemputan ke terminal satunya dari depan”.

Wealah ternyata si Mbak senior saya itu ada di terminal satunya toh. Dan setelah naik bus menuju terminal satunya akhirnya kami pun bertemu di resto soto yang dia bilang itu. Dan bukan di terminal dua dimana saya mendarat. Kami pun ketawa-tawa karena ternyata kami berada di terminal yang berbeda namun memang sudah di bandara Juanda dan janjian untuk ketemu di terminal yang berbeda itu.

Selesai bertemu dengan dia kami pun naik bus ke terminal bus dan menuju lokasi pelatihan Pusat Penelitian Kemenkes di Jalan Indragiri yang jaraknya gak jauh dari tugu Pahlawan itu. Terima kasih ya Traveloka. Kalau gak ada kamu, saya batal deh jemput rejeki saya.

Nah untuk itu. Saran saya bagi yang suka berplesiran nih demi sesuap nasi ataupun buat jalan-jalan kekinian.

  1. Kayaknya penting deh untuk punya e-banking hari gini. Dimana sekarang saya sudah punya..akhirnya!!! supaya gak usah mundar mandir keluar kantor dan kerjaan tetap bisa aman dikerjakan dan urusan bayar membayar ternyata tetap bisa lancar ya.
  2. Selalu ingat angka total biaya agar di cek kembali berulang kali supaya gak salah masukin angka kayak saya hehe.. Check baby Check!
  3. Cari situs penyedia layanan penjualan tiket perjalanan (mau pesawat atau kereta) yang memang terpercaya dan tentu saja memberikan harga murah sesuai budget kantongmu.
  4. Kalau janjian di bandara coba tanyakan kembali dan pastikan, di sebelah mana bandara  dan terminal mana dan meeting point apa kita janjian. Jadi gak bingung nyari temen sendiri yang udah duluan nyampe bandara. Hoho jangan sampai salah kayak diriku.
Ok demikian blog ini dibuat. Semoga berguna ya. Atas perhatian saudara sekalian se-Indonesia Raya saya ucapkan terima kasih.








Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan