Bocah-bocah syria malang,malnutrisi diantara perang

adek hala al nufi via metro.co.uk


Beberapa hari lalu gue baca berita tentang anak-anak malnutrisi korban perang di Syria.Gue ngerti di Indonesia juga masih ada anak yang menderita malnutrisi tapi ini di syria alias suriah kan lagi perang. Menurut gue kondisi ini berbeda dengan negara yang lagi aman tentram ( indonesia? Ya paling tidak anak-anak Indonesia sebenernya masih jauh lebih beruntung, hidup tanpa desing peluru. Sekalipun lapar, di Indonesia daun katuk ama bayam aja bisa tumbuh di pekarangan rumah jadi sebenernya gimana kita yang orangtua yang bisa berusaha memberikan asupan yang lebih baik untuk anak kita tapi eitss gue kan belum jadi orangtua sok tahu ya gue... ya paling tidak ke depan gue harus bisa jadi orangtua yang bertanggungjawablah. Tapinya lagi nih kalau lagi perang kan emak bapak entah dimana berada!!! Itu yang bikin tambah susah nyari makan buat bayi bayi ini. Kesian gue ama mereka semoga Allah swt melindungi mereka ya apa aja deh agama mereka apa aja latar belakang keluarganya.. kesian pada kurus banget ).

Nah di Salah satu artikel di metro.co.uk, menuliskan kalau anak-anak di syria kekurangan gizi sehingga terpaksa 'makan dari tempat sampah' di Syria. Mereka tinggal di bagian timur Damaskus, yang masih dipegang oleh pemberontak dan di mana pasukan pemerintah menolak untuk membiarkan makanan masuk.

Satu diantaranya adalah adek Hala al-Nufi, berusia dua setengah tahun, memiliki berat kurang dari satu batu ( kurang dari 6,3 kg). Digambarkan kemarin dipegang oleh pamannya, dia menderita kelainan metabolik dan tidak bisa mendapatkan perawatan atau makanan yang tepat karena daerah tersebut hampir kelaparan. Bayi-bayi kelaparan di daerah yang dikuasai pemberontak. "Kami tidak memiliki anak yang sehat sepenuhnya. Alasan utamanya adalah kurangnya makanan dan gizi, "kata Dr Amani Ballour, seorang dokter anak.

Kasus kekurangan gizi di kalangan anak-anak hampir dua kali lipat dalam dua bulan terakhir di satu klinik di daerah pinggiran kota. Mereka dikepung oleh pasukan pemerintah Syria sejak 2013 namun mendapat tekanan baru tahun ini karena terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan makanan telah terputus. "Anak yang kita anggap normal di Ghouta adalah anak yang beratnya berada di ujung paling bawah dari berat badan normal," kata Dr Amani Ballour. 'Ada anak-anak yang sebelumnya kita klasifikasi beresiko kekurangan gizi, yang sekarang tergolong malnutrisi akut tingkat menengah atau kasus kekurangan gizi akut tingkat ekstrim.'

adek kecil ini malnutrisi korban perang pemimpin sok pinter via metro.co.uk


Hanya dua konvoi bantuan yang sampai di Ghouta sejak Juli, masing-masing memiliki makanan dan obat-obatan sekitar 20 persen atau kurang dari populasi. Melalui serangkaian kesepakatan ofensif dan evakuasi, pemerintah Damaskus telah mengalahkan kantong oposisi di sekitar ibu kota. Ghouta Timur telah mengundurkan diri, namun warga mengatakan bahwa sekarang ada pembicaraan untuk pertama kalinya menyetujui evakuasi. 'Orang-orang berada di bawah tekanan, mereka akan meletus. Tidak ada susu bayi sama sekali. Ibu dan ayah melihat anak-anak mereka kelaparan. Mereka menginginkan solusi dengan cara apapun, dengan harga berapa pun, "kata Adnan, 30, yang mengelola sebuah kelompok bantuan lokal. Perang sipil Suriah dimulai pada bulan Maret 2011 dan telah berlangsung selama lebih dari enam tahun. Presiden Bashar al-Assad telah dengan kejam menghancurkan oposisi, termasuk menjatuhkan senjata kimia pada rakyatnya sendiri.

Ya allah semoga ini berhenti dah kesian bocah bocah pada merana. Udah ngapa ini pemimpinnya jangan berantem mulu dah. Capek liat orang berantem. Gak ada kerjaan jatuhin senjata kimia sama rakyat sendiri pula. Ampunnnn dahhh....


Ini sumbernya :
http://metro.co.uk/2017/10/26/children-at-doors-of-starvation-as-syrian-civil-war-rages-on-7030691/#mv-a?ito= cbshare

Ini kalau mau baca-baca bisa liat kesini ada yang berupa artikel dan pdf silahkan
ftp://ftp.fao.org/docrep/fao/010/ai799e/ai799e02.pdf https://www.unicef.org/publications/files/Under_Siege_March_2014.pdf https://www.wfp.org/sites/default/files/Nutrition%20-%20July%202014.pdf https://www.unicef.org/jordan/Running_on_Empty2.pdf http://www.who.int/nutrition/publications/severemalnutrition/9789241598163_eng.pdf http://www.wfp.org/sites/default/files/Nutrition.pdf https://www.unicef.org/iraq/UNICEF_Syria_Crisis_Humanitarian_Situation_Report_-_May_2017.pdf https://data.unicef.org/wp-content/uploads/2016/06/130565-1.pdf https://www.colorado.edu/geography/class_homepages/geog_2002_s06/laptop_s06/current%20projects/Cox_Low%20Robinson%20Book%20chapter/Cox_Low%20Book%20chapter/effects%20of%20war%20on%20children.pdf https://www.unicef.org/appeals/files/Final_2015_HAC_Syrian_Refugees.pdf http://ec.europa.eu/chafea/documents/health/2016-11-30-Clustermeeting-NUPA-agenda_en.pdf https://www.scitechnol.com/peer-review/an-area-at-war-alarmingmalnutrition-status-and-itspredictors-among-children-aged660-months-old-in-kokangmyanmar-byuo.pdf https://www.oecd.org/els/health-systems/Obesity-Update-2017.pdf http://allinschool.org/wp-content/uploads/2016/03/SYRIA5Y_REPORT_12MARCH2016.pdf http://www3.weforum.org/docs/GCR2016-2017/05FullReport/TheGlobalCompetitivenessReport2016-2017_FINAL.pdf http://www.thelancet.com/action/consumeSharedSessionAction?SERVER=WZ6myaEXBLF%2FdY29RpN4fA%3D%3D&MAID=gy0P6uaAgobx7ifepyVX0w%3D%3D&JSESSIONID=aaaT9dfNuWM1M78HoKM9v&ORIGIN=706508190&RD=RD&rtc=0 https://cyfar.org/sites/default/files/cyfar_research_docs/ChildObesity.pdf
https://www.cdc.gov/immigrantrefugeehealth/pdf/syrian-heal




Comments

Popular posts from this blog

Milo Ganti Sedotan